in ,

Realisasi Penerimaan Pajak Capai 38,69 Persen dari Target

“Jadi, dalam hal ini PPN dalam negeri dan PPN impor turut meng-confirm indikator-indikator yang menggambarkan pemulihan berkelanjutan dari semenjak bulan April lalu. Jika kita lihat dari pertumbuhan bruto, pemeriman pajak juga terus mengalami perbaikan. Kita lihat PPh 21 melonjak cukup tinggi, PPh badan juga mengalami peningkatan, PPh 26 dan PPh final sudah di atas nol persen. Total penerimaan bruto kita juga mengalami growth yang cukup tinggi. Ini yang dinamakan aktivitas ekonomi meningkat, terekam jenis pajaknya,” jelas Sri Mulyani.

Fase pemulihan ekonomi juga tercermin pada realisasi penerimaan pajak sektoral, yang juga seirama dengan peningkatan PMI manufaktur dan indeks keyakinan konsumen (IKK). Pertumbuhan dialami oleh industri pengolahan 42,4 persen; perdagangan 25,7 persen; jasa keuangan dan asuransi 19,9 persen; trasportasi dan pergudangan 17,8 persen; komunikasi 54,6 persen.

Baca Juga  Lebih Dekat Bersama Pajak Dengan BIJAK

“Kalau kita lihat industri perdagangan pada bulan April sudah cukup tinggi, mereka sudah double digit. Bahkan perdagangan sudah tumbuh 19,7 persen, Mei tumbuh lagi di 25,7 persen. Industri pengolahan juga sama, April tumbuh 10,1 persen dan Mei tumbuh lebih tinggi lagi. Bahkan sektor transportasi melonjak sangat tinggi dari 6,9 persen menjadi 17,8 persen. Tentu kalau nanti Covid-19 melonjak dan terjadi pengetatan, maka akan terefleksi dari peningkatan penerimaan di bulan Juni nanti,” jelas eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Namun, sepanjang Mei 2021, masih ada sektor industri yang mengalami kontraksi, antara lain konstruksi dan real estate minus 14,5 persen dan pertambangan minus 73,6 persen.

Baca Juga  Jenis-jenis Pajak Dalam Kehidupan Sehari-hari

“Ini menjadi perhatian kita nanti, waktu itu kita membahas bagaimana meningkatkan kembali, memulihkan sektor konstruksi dan real estate dengan insentif perpajakan yang kita coba ditingkatkan atau diberikan,” jelasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0