in ,

Kanwil DJP Siapkan Relawan Pajak, Bantu Wajib Pajak

Kanwil DJP Siapkan Relawan Pajak, Bantu Wajib Pajak
Foto: DJP

Pajak.com, Jakarta – Sejumlah Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tengah menyeleksi relawan pajak yang berasal dari kampus di sekitar wilayah kerja. Relawan pajak yang terpilih akan membantu Wajib Pajak (WP) dalam proses pelaporan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Tahunan Orang Pribadi (OP) maupun SPT Badan.

Kepada Pajak.comKepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Jawa Barat (Jabar) III, Yovianto, menuturkan, ada dua tahap penyeleksian relawan pajak, yaitu seleksi tertulis dan wawancara. Peserta yang terpilih nantinya akan mendapatkan pelatihan atau pembekalan materi perpajakan.

Relawan pajak di Kanwil DJP Jabar III berasal dari Tax Center di sembilan kampus. Ada Tax Center Universitas Gunadarma, Tax Center Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Tax Center Institut STIAMI bekasi, Tax Center Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB), Tax Center IAI Tazkia, Tax Center Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kesatuan, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Tax Center UIK Bogor, dan Tax Center Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Baca Juga  Insentif Bebas Pajak Pokok Kendaraan Bermotor

“Saat ini penyeleksian relawan pajak sudah pada tahap pelatihan dan pembekalan dari kanwil. Yang sudah berjalan pembekalannya di IPB, Gunadarma, UPN. STIAMI kamis depan,” kata Yovi, Senin Pagi (8/2).

Tahun 2021 kanwil yang dinahkodai oleh Catur Rini Widosari ini membutuhkan 565 relawan pajak, yang nantinya akan disebar ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) unit vertikal. Kanwil DJP Jabar III memiliki 11 KPP, di antaranya KPP Pratama Depok Sawangan, KPP Pratama Cibinong, KPP Pratama Bekasi Utara, dan sebagainya.

Hal senada juga dilakukan oleh Kanwil DJP Banten. Kepala Seksi Kerja sama dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Banten Ida Rosnida Laila mengatakan, hari ini (8/2) kanwil akan rapat bersama 14 kampus mitra untuk membahas soal teknis penyeleksian.

Baca Juga  Core Tax Digunakan untuk Pengawasan WP Januari 2024

“Jadi, para calon relawan harus ikut pelatihan dan ujian yg nilainya memenuhi standar akan lulus dan menjadi relawan pajak. Di Kanwil Banten yang sudah mendaftar ada kurang lebih 650 calon relawan,” kata Ida.

Relawan pajak terpilih nantinya akan disebar ke 11 KPP di unit vertikal Kanwil DJP Banten, beberapa diantaranya KPP Pratama Madya Tanggerang, KPP Pratama Pondok Aren, dan sebagainya.

Peran relawan pajak ini sangat penting bagi DJP. Mengingat jumlah pegawai pajak yang bertugas khusus di bidang penyuluhan hanya sekitar 6.882 orang, sedangkan jumlah WP sekitar 42 juta di tahun 2019. Dasar pembentukan relawan pajak tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 206.2/PMK.01/2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJP.

Baca Juga  Penerimaan Perpajakan Regional DKI Jakarta Rp 653,07 T

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo saat melantik relawan pajak Tax Center Universitas Gunadarma pada tahun lalu, mengatakan, tugas relawan pajak tak hanya sebatas memberi asistensi pelaporan SPT, tetapi juga edukasi kepatuhan. Diharapkan relawan pajak bisa bercerita tentang pentingnya pajak demi pembangunan negeri kepada publik. Perluasan tugas relawan ini diperkuat melalui penandatanganan nota kesepakatan antara DJP dan Asosiasi Tax Center Perguruan Tinggi (ATPETSI) pada Juli 2020.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *