in ,

Kanwil DJP Jaksel II Gelar Pasar Rakyat, Bantu UMKM Tingkatkan Omzet

Kanwil DJP Jaksel II Gelar Pasar Rakyat
FOTO: Aprilia Hariani

Kanwil DJP Jaksel II Gelar Pasar Rakyat, Bantu UMKM Tingkatkan Omzet

Pajak.com, Jakarta – Duta Transformasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Tingkat Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan II (Kanwil DJP Jaksel II) gelar Pasar Rakyat yang menghadirkan kegiatan bazar 50 usaha mikro kecil menengah (UMKM), pasar murah, dan hiburan, di Taman Langsat, Jaksel, (7-8/10). Kepala Kanwil DJP Jaksel II Neilmaldrin Noor menuturkan, penyelenggaraan Pasar Rakyat merupakan salah satu bentuk komitmen Kanwil DJP Jaksel II dalam membantu UMKM meningkatkan omzet.

Acara ini juga terselenggara berkat kolaborasi dengan Komando Distrik Militer (Kodim) Jaksel; Suku Dinas Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Pemerintah Kota (Pemkot) Jaksel; dan PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk/BSI.

“Penyelenggaraan Pasar Rakyat bagian dari rangkaian pembinaan UMKM yang telah dilakukan seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) unit vertikal. Pembinaan yang sudah dilakukan, meliputi pemberian materi mengenai pengemasan produk, digital marketing, pencatatan/pembukuan penjualan, dan kini memberikan kesempatan pada mereka untuk membuka bazar secara gratis di Pasar Rakyat. Kami membantu UMKM untuk berinovasi dan berkolaborasi,” ungkap Neil kepada Pajak.com, di sela-sela acara, (7/10).

Baca Juga  UMKM Eksportir Dapat Tagihan Rp 118 Juta, Stafsus Menkeu Koordinasi ke Bea Cukai

Ia menekankan, pembinaan dan pengembangan UMKM di Kanwil DJP Jaksel II merupakan eskalasi dari program Business Development Service (BDS) yang telah digulirkan oleh DJP sejak 2016 silam. Pengembangan ini diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor S-284/PJ.13/2016 tentang Pelaksanaan Pembinaan Wajib Pajak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Program Business Development Services.

“Program BDS ini adalah bentuk dari keberpihakan DJP kepada UMKM, mendukung UMKM secara nonfinansial. Setiap KPP kami melaksanakan BDS, membuat bazar-bazar juga di masing-masing wilayah. Jadi, dengan adanya Duta Transformasi Kanwil DJP Jaksel II mengkolaborasi semua (UMKM) itu. Kita juga menjalin kolaborasi dengan program Jakpreneur dan Pasar Jaya (binaan dan pengawasan Pemkot Jaksel), Kodim Jaksel, dan BSI. Dengan begitu, kami menjadi jembatan bagi UMKM untuk terus mengembangkan,” ungkap Neil.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Kodim Kolonel Arh. Redinal Dewanto pun mengapresiasi penyelenggaraan Pasar Rakyat dan menyambut baik kolaborasi pengembangan UMKM bersama Kanwil DJP Jaksel II.

Baca Juga  Bebas Bea Masuk dan Pajak, Ini Cara Manfaatkan Fasilitas Impor Sementara 

“Kolaborasi ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk kita semua. Dengan jargon, ‘UMKM Berdaya, Indonesia Jaya’ ini harus selalu kita dukung. Harapannya UMKM kita dapat bersaing dengan pasar global,” ujar Redinal.

Ketua Duta Transformasi Kanwil DJP Jaksel II sekaligus Kepala KPP Pratama Cilandak Muslimin menambahkan, 50 tenant yang mengikuti Pasar Rakyat ini adalah UMKM yang telah dikurasi secara ketat. Sementara, total UMKM yang telah dibina oleh sembilan KPP unit vertikal Kanwil DJP Jaksel II berjumlah ribuan.

“Kita fokus pada bagaimana UMKM bertumbuh dan terus menjadi besar. Kita tidak bisa bicara potensi pajaknya sekarang. Nanti jika UMKM menjadi perusahaan besar, naik kelas, mereka diharapkan menjadi Wajib Pajak yang patuh,” kata Muslimin.

Hal seirama juga diungkapkan Kepala Seksi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Kanwil DJP Jaksel II Indriastuti Heny Setyawati. Pasar Rakyat ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas UMKM untuk naik kelas.

“Kami bersyukur, bazar yang berjalan selama dua hari meriah dan seluruh UMKM merasa puas, mereka mendapatkan omzet yang bagus karena dagangannya laris manis. Salah satu buktinya beberapa produk craft UMKM wilayah (binaan) Kanwil DJP Jaksel II dipamerkan di Pojok UMKM, pada booth Pojok Pajak INACRAFT on October 2023,” ungkap Indri.

Baca Juga  Penjelasan DJP Tentang Insentif PPN DTP Rumah Hingga Rp 5 M

Semarak Pasar Rakyat juga tak lepas dari upaya Kanwil DJP Jaksel II dan unit vertikal untuk menghibur para pengunjung. Terdapat ragam penampilan dari beberapa grup band Kanwil DJP Jaksel II, seperti Jaseda, Mixer, Voice of CLDK (kpp cilandak), Nite Story (Taxic), dan Orkes Melayu. Kemudian, dipersembahkan pula penampilan eksternal dari Duo Karim Accoustic.

Baca juga: 

Kanwil DJP Jaksel II Beri Layanan Perpajakan di INACRAFT https://www.pajak.com/pajak/kanwil-djp-jaksel-ii-beri-layanan-perpajakan-di-inacraft/

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *