in ,

Kanada Segera Berlakukan Pajak Barang Mewah Baru

Pajak Barang Mewah Baru
FOTO: IST

Kanada Segera Berlakukan Pajak Barang Mewah Baru

Pajak.com, Kanada – Ketika selebritas dunia seperti Taylor Swift dan Drake dikritik karena penggunaan jet pribadi mereka yang menimbulkan polusi, pemerintah Kanada justru segera memberlakukan pajak barang mewah baru atas penjualan dan impor mobil, pesawat, dan kapal bernilai tinggi.

Kanada mengungkapkan detail baru tentang bagaimana membuat orang kaya berpikir dua kali untuk berkontribusi pada krisis iklim dengan moda transportasi mewah mereka. Mulai berlaku pada 1 September 2022, Undang-Undang Pajak Barang Mewah Terpilih juga dikenakan sebagai bagian dari komitmen Kanada terhadap sistem pajak yang lebih adil.

“Pajak barang mewah Kanada bertujuan untuk membuat segalanya lebih adil bagi pembayar pajak, memastikan bahwa orang Kanada yang mampu membeli barang mewah berkontribusi sedikit lebih banyak,” tulis pemerintah Kanada dalam keterangan resmi, dikutip Pajak.com, Sabtu (6/8).

Pungutan itu merupakan realisasi usulan anggaran yang pertama kali dibuat musim panas lalu, yang kini telah mendapat persetujuan parlemen. Retribusi mewah baru menargetkan kendaraan dan pesawat tertentu dengan harga di atas 100 ribu dollar Kanada atau sekitar Rp 115,58 juta dan kapal tertentu dengan harga di atas 250 ribu dollar Kanada atau sekitar Rp 2,88 miliar.

Baca Juga  Menkeu: Bea Cukai Garda Depan Jaga Pemulihan Ekonomi

Ini akan dihitung pada 10 persen dari nilai eceran penuh kendaraan, pesawat terbang atau kapal, atau 20 persen dari nilai di atas ambang batas. Pajak hanya akan berlaku untuk kendaraan baru yang dibeli oleh konsumen untuk penggunaan pribadi. Ini akan berlaku secara retrospektif untuk sebagian besar penjualan yang dilakukan setelah 1 Januari 2022.

“Lebih lanjut, pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan rancangan peraturan yang akan memperjelas bahwa ketentuan peralihan yang ada dalam RUU C-19 untuk Pajak Barang Mewah akan tetap berlaku untuk semua item subjek, termasuk pesawat. Peraturan-peraturan ini akan mengatur bahwa Pajak Barang Mewah dibebaskan dari suatu barang pokok, jika suatu perjanjian penjualan tertulis sehubungan dengan barang-barang pokok itu dibuat sebelum 1 Januari 2022,” kata pemerintah Kanada.

Baca Juga  Mengenal Penerapan Sistem “Withholding Tax” di Indonesia

Sebelumnya, pada Mei lalu, Pejabat Anggaran Parlemen Kanada (PBO) memperkirakan pengenalan pajak penjualan barang mewah akan menghasilkan pendapatan 163 juta dollar Kanada selama tahun 2023–2024. Hal ini juga dapat mencegah warga kaya membeli mobil mewah, kapal pesiar, dan jet pribadi yang boros bensin—membawa dampak positif bagi lingkungan.

Namun, juru bicara industri telah menyuarakan keprihatinan tentang dampak potensial pungutan baru pada sektor penerbangan Kanada dan lapangan usaha.

“Dampak ekonomi dari pajak barang mewah akan signifikan dan (belum) dipelajari dengan pemahaman yang komprehensif tentang industri kami,” kata Presiden dan CEO Asosiasi Penerbangan Bisnis Kanada Anthony Norejko.

Norejko juga disebut telah mengumpulkan sejumlah asosiasi industri dan mitra, serta serikat pekerja, untuk memprotes pengenaan pajak barang mewah untuk sektor penerbangan.

“Ketika mereka ditanyai pertanyaan di komite keuangan, ‘apa dampak pajak ini jika Anda mengenakannya pada pesawat?’ Mereka tidak dapat menjawab pertanyaan tentang potensi banyak orang akan kehilangan pekerjaan. Pajak barang mewah untuk pesawat yang diproduksi setelah 2018 hanya akan merugikan manufaktur domestik—Bombardier, Diamond, Viking/De Havilland, dan lain-lain,” kata Norejko kepada Skies.

Meskipun demikian, pada pertengahan Juli pemerintah federal menegaskan bahwa mereka memutuskan untuk menentang dukungan bulat dari anggota parlemen untuk memisahkan pesawat dari pajak barang mewah, karena ingin menyelesaikan analisis dampaknya.

Baca Juga  Manfaat Penggabungan Pajak Hotel, Restoran Jadi PBJT

Namun, pemerintah Kanada menegaskan pajak akan dibebaskan atas penjualan pesawat tertentu untuk ekspor yang diselesaikan oleh vendor terdaftar.

Pesawat juga akan dibebaskan dari pajak jika dipakai oleh pengguna yang memenuhi syarat, seperti polisi atau pemadam kebakaran—atau ketika semua atau sebagian besar penggunaan telah disertifikasi.

Untuk diketahui, pajak tersebut merupakan bagian dari Anggaran Kanada 2022, yang mempromosikan berbagai inisiatif hijau. Ini termasuk membuat kendaraan tanpa emisi lebih terjangkau, mendukung proyek listrik bersih, dan memberikan kredit pajak investasi untuk teknologi nol bersih, solusi penyimpanan baterai, dan hidrogen bersih.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *