in ,

DJP Raih Penghargaan Kehumasan Terkait DEI dan ESG

DJP Raih Penghargaan Kehumasan
FOTO: P2HUMAS DJP

DJP Raih Penghargaan Kehumasan Terkait DEI dan ESG

Pajak.com, Nusa Tenggara Timur – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) raih dua penghargaan bidang kehumasan dalam mengomunikasikan kinerja kelembagaan terkait Diversity, Equality, Inclusion (DEI) dan Environmental, Social, Governance (ESG).

Penghargaan ini diberikan oleh PR Indonesia Group dalam acara puncak The 1st Indonesia DEI and ESG Awards (IDEAS) 2022 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, (5/8).

Secara rinci, DJP meraih dua penghargaan Gold Winner dalam kategori ESG untuk Government atas program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), serta kategori ESG untuk Governance atas program Komitmen Integrasi Pimpinan untuk Pembangunan Indeks Integritas DJP 2021.

Pendiri dan CEO PR Indonesia Asmono Wikan menekankan pentingnya bagi seluruh pihak mengomunikasikan isu-isu terkait DEI dan ESG. Ia menjelaskan, ESG merupakan konsep yang sedang ramai diperbincangkan di berbagai penjuru dunia.

Baca Juga  DPR dan IKPI Segera Godok RUU tentang Konsultan Pajak

Penerapan prinsip ESG mendorong terwujudnya ekonomi hijau guna menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan melalui tiga aspek, utamanya yakni lingkungan, sosial, dan tata kelola.

“Forum IDEAS 2022 kami hadirkan untuk saling belajar tentang praktik-praktik terbaik dalam mengomunikasikan program DEI dan ESG di tanah air,” kata Asmono, dikutip Pajak.com (6/8).

Ia menyebutkan, sebanyak 74 entri dari 43 instansi/korporasi ikut terlibat dalam kompetisi DEI dan ESG yang diselenggarakan oleh PR Indonesia Group ini. Ada empat hal yang menjadi poin penjurian.

Pertama, perusahaan/organisasi memiliki inisiatif program atau kebijakan (policy) dan/atau panduan DEI/ESG. Kedua, peserta menyampaikan strategi dan taktik komunikasi yang unik, inovatif, kreatif, dan berkelanjutan.

Ketiga, peserta menjalin kemitraan (partnership) yang berkelanjutan. Keempat, pelaksanaan program disertai dengan pengukuran (measurement) menggunakan metode pengukuran umum dalam melaksanakan program PR (Public Relation)/komunikasi.

Baca Juga  Menkeu: UU HPP Akan Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

Proses penjurian dilakukan selama tiga hari pada 15 hingga 17 Juni 2022. Para peserta mempresentasikan secara virtual program atau kebijakan yang telah dilakukan di instansinya kepada dewan juri.

Kompetisi ini terbuka bagi kementerian, lembaga; korporasi multinasional; korporasi swasta nasional; korporasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN); korporasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD); korporasi anak usaha BUMN; perguruan tinggi; pemerintah provinsi, pemerintah kota, kabupaten; Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM); dan organisasi non-profit; hingga agensi PR.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) DJP Neilmaldrin Noor menyampaikan terima kasih kepada PR Indonesia Group atas apresiasi yang diberikan kepada DJP.

Selama ini DJP dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berupaya memberi informasi atas kebijakan fiskal yang diambil pemerintah kepada masyarakat melalui penyelenggaraan Konferensi Pers APBN KiTa (Kinerja dan Fakta) setiap bulan. Di pelbagai kesempatan, DJP juga kerap menjelaskan kepada publik mengenai reformasi perpajakan yang tengah dilakukan otoritas.

Baca Juga  Lima Menkeu Bicara “Global Corporate Minimum Tax”

“Penghargaan ini adalah buah komitmen kami untuk terus melakukan perbaikan dalam berbagai aspek guna membangun kepercayaan masyarakat terhadap DJP,” kata Neil.

Ia mengajak Wajib Pajak dan masyarakat umum sebagai pengampu kepentingan utama DJP, untuk menjadi kontrol atas program dan kebijakan pemerintah sehingga terwujud pemerintahan yang baik (good governance). Selain Neil, pemberian penghargaan ini juga dihadiri oleh Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat Perpajakan Dwi Astuti.

Di 2020, DJP juga meraih tiga penghargaan kehumasan dalam ajang The 6th PR Indonesia Awards. Tiga penghargaan itu merupakan Gold Winner dalam subkategori situs website, media sosial, dan laporan tahunan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *