in ,

Diambil Alih Pertamina, Blok Rokan Setor 2,7 T ke Negara

Diambil Alih Pertamina, Blok Rokan Setor 2,7 T ke Negara
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Setelah dua bulan diambil alih oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Blok Rokan telah mampu menyumbang penerimaan sebesar Rp 2,7 triliun. Nilai itu terdiri dari setoran ke negara Rp 2,1 triliun melalui penjualan minyak mentah bagian negara dan pembayaran pajak sekitar Rp 607,5 miliar. Seperti diketahui, sebelum 9 Agustus 2021, Blok Rokan dikelola oleh PT Chevron Pacific Indonesia selama 97 tahun.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, keberhasilan PHR itu menjadi bukti kemampuan korporasi pelat merah dalam mengelola sendiri sumber minyak, tidak tergantung operator asing, dan bekerja efisien.

“Saya mengapresiasi kemampuan Pertamina Hulu Rokan menjawab tantangan dalam mengelola ladang minyak terbesar di Indonesia itu,” kata Erick dalam keterangan tertulis, pada (7/11).

Baca Juga  Kota di Brasil Bisa Bayar Pajak Pakai Kripto

Ia mengungkapkan, Blok Rokan merupakan penghasil utama minyak nasional dengan kontribusi 25 persen. Blok yang ditemukan tahun 1941 dan mulai berproduksi tahun 1951 itu berperan penting dalam memenuhi target produksi minyak mentah secara nasional sebesar 1 juta barel per hari dan gas 12 miliar kaki kubik per hari (billion standard cubic feer per day/BSCFD).

Menurut Erick, PHR tidak hanya mampu menjaga keberhasilan Blok Rokan sebagai salah satu penghasil utama minyak nasional, anak usaha PT Pertamina (Persero) itu pun dianggap telah memberikan efek berganda bagi perekonomian nasional berupa manfaat secara langsung bagi nasional maupun daerah.

“Momentum tersebut terus ditingkatkan ke depannya. Selain pemenuhan kebutuhan energi nasional, harus mendukung penciptaan lapangan kerja, peluang bisnis bagi pengusaha lokal, maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Erick.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0