in ,

Wapres Ajak “E-Commerce” Kembangkan Ekonomi Syariah

Selain itu, Wapres berharap Tokopedia untuk turut andil dalam upaya pengembangan dana sosial syariah terutama zakat dan wakaf dengan meningkatkan literasi masyarakat dan mempermudah masyarakat dalam menyalurkan dana sosial syariahnya. “Saya kira Tokopedia ini bisa menjadi kanal yang andal untuk penyaluran wakaf begitu juga zakat,” ujarnya.

Terkait pengembangan dan perluasan usaha syariah, Wapres juga berharap Tokopedia dapat berperan aktif dengan memfasilitasi pelaku usaha syariah khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) syariah untuk berjualan secara daring dan memperluas akses pembayaran digital yang sesuai dengan prinsip syariah, serta menjembatani akses pembiayaannya.

“UMKM itu kan biasanya kurang modalnya, kurang pengetahuannya, kurang pemasarannya, dan juga kurang kualitas produknya. Nah bagaimana agar UMKM ini kualitas produknya bagus, permodalannya cukup, kemudian pemasarannya, barangkali e-commerce dapat berperan lebih,” paparnya.

Baca Juga  5 Negara Investor Terbesar di Indonesia Tahun 2022

Lebih lanjut, Wapres mengatakan untuk membangun pengusaha-pengusaha syariah, pemerintah tengah mengembangkan dua program. “Membangun pusat-pusat inkubasi di daerah-daerah supaya menumbuhkan pengusaha-pengusaha itu, serta membangun pusat-pusat bisnis syariah (business center) yang nanti mereka bisa berinteraksi secara digital. Barangkali Tokopedia bisa mengambil peran di situ,” pungkasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *