in ,

Jokowi Undang B20 Investasi di 3 Sektor Prioritas Indonesia

Kedua, Jokowi mengundang investasi di sektor infrastruktur ekonomi digital. Seperti diketahui, ekonomi digital Indonesia berperan besar, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Peranannya bukan hanya dalam skala besar, tetapi mencakup usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kami ingin mengundang investasi yang memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari ekonomi digital ini,” ujarnya.

Jokowi meyakinkan, jumlah penduduk Indonesia sangat besar dan daya belinya terus meningkat pesat, sehingga dapat menjadi daya tarik dalam investasi infrastruktur ekonomi digital.

“Pemerintah pun saat ini merealisasikan tiga investasi pembangunan kabel telekomunikasi bawah laut, yang menghubungkan Indonesia dengan Amerika Serikat. Indonesia pun sedang mengembangkan ekosistem semikonduktor, yakni pada tahun ini akan terdapat pembangunan fasilitas chip design dan pabrik polysilicon di Jawa Tengah dengan kapasitas 40.000 ton. Pabrik itu pada tahap awal akan menyuplai kebutuhan solar cell, baru kemudian fokus ke semikonduktor,” ungkapnya.

Baca Juga  PLN dan Pertamina Diminta Perbaiki Birokrasi Izin Investasi

Ketiga, Indonesia mengundang investasi di sektor kesehatan, terutama dalam memobilisasi sumber daya untuk membiayai inovasi serta pemerataan produksi vaksin, obat-obatan, dan alat-alat kesehatan. Hal itu dapat mendukung pembenahan arsitektur kesehatan global agar lebih inklusif, berpegang kepada azas kesetaraan, dan tanggap terhadap krisis.

“Kami akan memprioritaskan pembelian farmasi dan alat-alat kesehatan yang diproduksi di dalam negeri. Prinsipnya kalau sudah bisa diproduksi di dalam negeri, pemerintah tidak akan membeli yang impor. Oleh karena itu, kami juga mengundang investasi di sektor kesehatan di Indonesia, yang sekaligus memperkuat sistem ketahanan kesehatan global,” kata Jokowi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *