in ,

Jokowi Kunjungi 3 Negara Asia Timur

Jokowi Kunjungi 3 Negara
FOTO: Sekretariat Kabinet

Pajak.com, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan ke tiga negara Asia Timur, yakni Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan selama tiga hari, (26 Juli hingga 28 Juli 2022). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan, kunjungan singkat ini merupakan bentuk dari penguatan kerja sama bilateral dengan mitra strategis Indonesia, khususnya perdagangan dan investasi. Ia menguraikan, perjalanan kunjungan ke Beijing (RRT) akan dilakukan pada 26 Juli, kemudian dilanjutkan ke Tokyo (Jepang) di 27 Juli, dan negara terakhir adalah Seoul (Korea Selatan) pada 28 Juli.

“Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi khususnya di bidang perdagangan dan investasi. Selain bahas penguatan kerja sama bilateral, presiden dan pemimpin ketiga negara tentunya dalam pertemuan bilateral masing-masing dan juga akan membahas perkembangan terakhir beberapa isu kawasan dan internasional,” ungkap Retno dalam konferensi pers, dikutip Pajak.com (25/7).

Baca Juga  Strategi Bursa Efek Hong Kong Jadi Terbesar di Dunia

Ia menuturkan, kunjungan ini akan mempertemukan Presiden Jokowi dengan kepala negara dari masing-masing wilayah dan berbagai kalangan pebisnis. Termasuk bertemu dengan Presiden RRT Xi Jinping dan Perdana Menteri RRT Li Keqiang.

“Jokowi pemimpin pertama yang diterima Xi selama pandemi, di samping pertemuan pada olimpiade musim dingin awal tahun ini,” ujar Retno.

Seperti diketahui, RRT merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. Nilai total perdagangan mencapai 110 miliar dollar AS pada 2021. Selain itu, RRT adalah investor terbesar dengan total nilai sekitar 3,2 miliar dollar AS sepanjang 2021.

Sedangkan Jepang sebagai mitra ekonomis tradisional Indonesia, dengan nilai perdagangan mencapai 32 miliar dollar AS selama 2021. Investasi dari Jepang di Indonesia mencapai 2,26 miliar dollar AS pada kurun waktu yang sama.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0