in ,

Hasil Penjualan SBR010 Tembus Rp 7,5 Triliun

Hasil Penjualan SBR010 Tembus Rp 7,5 Triliun
FOTO: IST

Pajak.Com, Jakarta – Pemerintah menetapkan hasil penjualan savings bond ritel (SBR) seri SBR010 sebesar Rp 7,5 triliun. Awalnya pemerintah menargetkan penjualan SBR010 sebesar Rp 5 triliun, namun hampir habis terjual pada minggu terakhir masa penawaran. Kemudian pemerintah memutuskan untuk menambah menjadi Rp 6 triliun yang kemudian habis dalam dua hari. Sehingga pada akhirnya kuota SBR010 yang ditawarkan menjadi Rp 7,5 triliun.

Kepala Seksi Perencanaan Transaksi SUN dan Derivatif DJPPR Kementerian Keuangan Herman Sary Tua mengungkapkan, jumlah investor terbesar SBR010 berasal dari generasi milenial (kelahiran 1980-2000) meski dari jumlah nominal pemesanan masih didominasi generasi baby boomers (kelahiran 1946-1964).

“Dari 23 ribu investor hampir 40 persennya investor baru. Artinya semua program yang dilakukan Kementerian Keuangan dalam menjangkau masyarakat di luar yang lebih banyak, relatively berhasil,” ungkapnya dalam diskusi daring, Senin (19/07). Melihat hal tersebut, Herman berpendapat hal ini mencerminkan terus meningkatnya kesadaran generasi muda untuk berinvestasi dan SBR010 menjadi instrumen yang tepat untuk mereka mulai belajar investasi.

Baca Juga  Bahlil Promosikan Investasi Indonesia ke Amerika Serikat

Herman melanjutkan bahwa dari 40 persen investor baru tersebut, sebanyak 1.316 investor melakukan pemesanan pada batasan minimal yakni Rp 1 juta. “Kita happy (senang) karena Rp 1 juta ada banyak makna. Pertama, udah dapat informasi. Kedua, kalau mereka coba-coba, mereka coba instrumen investasi yang baik, aman dan menguntungkan,” jelasnya.