in ,

Elon Musk Berkicau, Harga Bitcoin Alami Penurunan

Elon Musk Berkicau, Harga Bitcoin Alami Penurunan
FOTO: Elon Musk

Pajak.com, Jakarta – Harga bitcoin menurun sekitar 4 persen pada perdagangan Jumat (4/6). Penurunan itu diduga kuat akibat kicauan Elon Musk yang mengisyaratkan kesedihan terhadap mata uang kripto. Berawal dari Musk mengunggah meme pasangan yang tengah mendiskusikan perpisahan. Pada gambar itu Musk membubuhkan tulisan“#Bitcoin” disertai dengan emoji patah hati. Beberapa jam kemudian, CEO Tesla itu lantas mengunggah lagi gambar komik yang mengisahkan perpisahan sepasang kekasih. Cuitan Musk membuat investor gelisah, sehingga harga bitcoin kembali merosot.

Imbas dari kicauan Musk di media sosial berlambang burung itu bukanlah pertama kali. Harga bitcoin sempat anjlok di bulan Mei 2021 akibat ia menuliskan, bahwa Tesla tidak menerima lagi pembayaran menggunakan bitcoin dan menganjurkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) untuk menambang kripto.

Baca Juga  IWIP Maluku Utara, Serap 25 Ribu Pekerja

Sejumlah investor atau analis investasi pun membenarkan betapa berpengaruhnya Musk terhadap mata uang kripto. “Dia mengendalikan komunitas,” kata salah satu pendiri agregator data kripto dan situs analitik CoinGeck Bobby Ong.

Penurunan bitcoin pada Jumat (4/6), mendorong mata uang kripto yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto (ahli komputer asal Jepang) ini berada di bawah harga rata-rata dalam 20 hari terakhir, yaitu menjadi 37.710 dollar AS per koin.

Penurunan bitcoin turut berdampak pada mata uang kripto lainnya. Mengutip coinmarketcap.com ethereum turun 5,31 persen ke harga 2.667 dollar AS dengan kapitalisasi pasar sebesar 308,8 miliar dollar AS; Binance turun 8,7 persen ke 382,9 dollar AS per keping dengan kapitalisasi pasar 58,49 miliar dollar AS; cardano merosot 5,78 persen ke 1,69 dollar AS dengan kapitalisasi pasar sebesar 53,54 miliar dollar AS; dogecoin turun 13,21 persen ke 0,376 dollar AS dengan kapitalisasi pasar 48,7 miliar dollar AS.sS

Baca Juga  Indeks Harga Saham Gabungan Parkir di Zona Merah

Sebagai informasi, penurunan kripto pada beberapa bulan ini berimbas pula pada merosotnya saham Telsa, yaitu turun sepertiga sejak pengumuman pembelian bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS pada Februari 2021 lalu. Sementara bitcoin, harganya telah anjlok lebih dari 40 persen setelah sempat mencetak rekor tertingginya pada April, yakni sebesar 64.895,22 dollar AS.

Selain kicauan Musk, harga kripto semakin tergelincir oleh kebijakan pengawasan peraturan beberapa negara. Di Tiongkok, pemerintah melarang transaksi mata uang kripto di semua lembaga keuangan. Kemudian, pemerintah Iran mengumumkan pelarangan sementara penambangan kripto karena dianggap boros energi. “Larangan itu berlaku segera dan akan diberlakukan hingga 22 September,” tegas Presiden Iran Hassan Rouhani.