in ,

BI-BDCB Sepakati Kerja Sama Anti Pencucian Uang

Untuk diketahui, keanggotaan Indonesia di FATF sangat penting untuk meningkatkan persepsi positif terhadap sistem keuangan dan perekonomian Indonesia, yang berujung pada meningkatnya confidence dan trust dalam bisnis internasional dan iklim investasi di negeri ini. Pemerintah pun telah membentuk Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (Komite TPPU), dengan salah satu fokus agendanya di tahun ini persiapan, dan pelaksanaan Mutual Evaluation yang akan dilakukan oleh FATF.

Sangat dibutuhkan komitmen kerja nyata seluruh anggota Komite TPPU dan seluruh kementerian/lembaga terkait, terutama lembaga keuangan karena sangat rentan terhadap kemungkinan digunakan sebagai media pencucian uang dan pendanaan terorisme melalui transaksi pengiriman uang, atau transaksi lainnya.

Baca Juga  Harga Kripto Kembali Berada di Zona Hijau

Pelaksanaan kegiatan on-site visit para asesor organisasi global antipencucian yang bermarkas di Paris ini akan dilaksanakan pada periode Juni-Juli 2021. Setelahnya, akan dilakukan telaah hasil pelaksanaan on-site visit tersebut, yang dilanjutkan dengan Sidang Pleno FATF pada Oktober 2021, dan face-to-face meeting Mutual Evaluation Indonesia pada Desember 2021.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *