in ,

Trilema Energi, Tingkatkan Efisiensi Pembangkit Listrik

Dengan dukungan data yang lengkap dari unit pembangkitan dan divisi terkait, UIP2B Jamali telah berhasil menyimulasikan pola operasi sistem dengan target penurunan emisi karbon terhadap kondisi business as usual (BAU). Haryanto memastikan, tidak hanya dalam bentuk simulasi, PLN juga telah mengadopsi pola operasi sistem baru ini dalam bentuk uji coba di sistem Jamali pada hari Sabtu–Minggu (12 dan 13 Februari 2022).

“Pada uji coba tersebut, sistem interkoneksi Jamali akan dioperasikan secara khusus dengan tujuan menurunkan emisi karbon sebanyak 2,5 persen dari pola normal. Berkat dukungan semua pihak, uji coba berjalan lancar sesuai dengan skenario yang dibuat. Pastinya kami mendukung secara penuh upaya mewujudkan transisi energi dan target net zero emission pada 2060 yang juga merupakan isu sentral pada pertemuan Presidensi G20 mendatang,” ujarnya.

Baca Juga  Cara Membuat Sertifikat Tanah di BPN

Haryanto mengatakan, konsep Trilema Energi berangkat dari persiapan sistem dalam menyambut penerapan pajak karbon di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara pada April 2022 mendatang. Melalui pemodelan faktor emisi karbon di dalam aplikasi simulasi produksi energi, UIP2B melakukan simulasi produksi energi untuk kegiatan rutin pada periode tahunan, bulanan, mingguan, dan harian.

“Hasil simulasi produksi menunjukkan bahwa upaya penurunan emisi dari pengaturan pola operasi pembangkitan akan berdampak pada penambahan fuel cost. Karena terdapat perubahan komposisi pembangkitan di mana concern utama selain keandalan dan biaya operasi terendah, juga memperhitungkan jumlah emisi,” jelasnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  XL Axiata Raih Sertifikat “Carbon Disclosure Project”

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *