in ,

MIND ID Komitmen Turunkan Emisi Melalui Dekarbonasi

MIND ID Komitmen Turunkan Emisi Melalui Dekarbonasi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Program Dekarbonisasi menjadi salah satu implementasi pilar Sustainability Pathway (Mining Industry Indonesia (MIND ID) yaitu Environment & Climate Change. Sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan, MIND ID telah berkomitmen membantu pemerintah mencapai target penurunan emisi dari sektor energi dan Industrial Process and Product Uses (IPPU) sebesar 15.8 persen pada 2030 dan mendukung aspirasi net zero emission (NZE) Pemerintah Indonesia Tahun 2060 melalui program dekarbonisasi.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan mengatakan, upaya ini merupakan kombinasi dari peralihan bahan bakar, efisiensi produksi hingga carbon offset. Ia mengatakan, Grup MIND ID memiliki berbagai rencana dan inovasi pada kegiatan operasional untuk menekan emisi secara end to end. Langkah ini merupakan upaya untuk mengurangi atau menekan emisi di setiap aspek dan proses operasional.

Baca Juga  Menkeu Resmikan GKN, Dorong Perekonomian Daerah

“Anggota MIND ID melakukan efisiensi energi dan menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) melalui inovasi baik di proses penambangan dan pengolahan mineral,” tutur Dany dalam keterangan tertulis (Rabu, 16/2/22).

Grup MIND ID yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk ini mencatat, emisi yang dihasilkan Perusahaan dari dua cakupan. Dari inventarisasi yang dilakukan, cakupan satu berasal dari penggunaan bahan bakar fosil (batu bara dan marine fuel oil) untuk proses pengolahan, dan bahan bakar diesel untuk kendaraan proyek/alat berat. Untuk cakupan dua berupa penggunaan listrik yang bersumber dari grid PLN untuk kegiatan operasi dan produksi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0