in ,

“Tips” Aman Pinjam Uang Menggunakan Sistem Daring

  • Lunasi cicilan tepat waktu 

Alangkah baiknya jika Anda selalu melunasi cicilan tepat waktu untuk menghindari denda yang membengkak. Agar tidak lupa membayar, pasang pengingat di ponsel atau beri tanda pada kalender di rumah atau di kantor. Untuk itu kelola uang dengan bijak dan sesuaikan pinjaman dengan kemampuan.

  • Hindari gali lubang tutup lubang

Hal ini kerap kita jumpai di sekitar kita, dimana masih banyak masyarakat membayar pinjaman dengan melakukan pinjaman baru untuk menghindari terlilit utang. Cara seperti ini bukannya membuat tagihan cepat lunas, justru menambah banyak tagihan yang bisa jadi makin sulit kita lunasi. Jadi, yang perlu diingat adalah jadikan membayar cicilan sebagai prioritas utama setelah menerima gaji.

  • Ketahui bunga dan denda pinjaman sebelum meminjam
Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

Tidak sedikit juga masyarakat yang mengabaikan hal ini dengan alasan “butuh cepat”, padahal bunga dan denda ini akan memengaruhi jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu bunga dan denda yang ditawarkan, lakukan survei ke beberapa perusahaan fintech lending sebagai pembanding sebelum melakukan pinjaman. Pilihlah, perusahaan fintech P2P Lending yang menawarkan bunga dan denda lebih rendah dari yang lainnya. Dengan begitu, akan meringankan Anda disaat melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya.

  • Pahami kontrak perjanjian

Yang terakhir adalah baca dengan teliti kontrak perjanjian yang ditawarkan dan ajukan pertanyaan apabila belum jelas. Jika kita melakukan suatu hal yang melanggar ketentuan, akibatnya adalah sanksi yang menghampiri. Artinya, jika tidak ingin kena masalah jangan sekali-kali melanggar aturan yang sudah ada.

Baca Juga  Bahaya Fenomena Otak Popcorn: Gejala, Dampak, dan Cara Mengobatinya

Jadi, meminjam uang dengan sistem daring sah-sah saja, asalkan Anda sudah mengetahui dan mengerti langkah apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman. Namun yang perlu diingat, jika Anda tidak ingin kehilangan lebih banyak uang dan kehilangan orang-orang terdekat, lebih bijaklah dalam melakukan pinjaman dari fintech lending.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *