in ,

Tiga Kompetensi yang Diperlukan Industri Digital

Tiga Kompetensi yang Diperlukan
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Perkembangan ekonomi digital di Indonesia kian masif. Jurnal “Digital Economy in Indonesia 2021” Bank Dunia mencatat, setidaknya tercatat 1,2 juta pekerja yang menopang industri digital di tahun 2021 lalu. Kemajuan ekonomi digital juga memunculkan tren profesi yang memerlukan kompetensi baru yang diperlukan industri digital di masa depan.

Menurut VENTENY, sebuah perusahaan yang menciptakan inovasi teknologi untuk memenuhi kebutuhan karyawan melalui peningkatan employee happiness dan employee engagement, permintaan pasar tenaga kerja di bidang digital akan semakin meningkat. Hal ini tentu harus dibarengi dengan kompetensi baru yang dianggap relevan dengan kebutuhan industri di masa depan.

Group Chief Operating Officer VENTENY Damar Raditya menyampaikan, karyawan perlu memperbarui kompetensi nonteknis atau soft skill yang bersinergi dengan budaya kerja dan perkembangan teknologi modern. Sebab, latar belakang pendidikan tidak lagi menjadi satu-satunya kriteria penilaian utama di mata perusahaan.

Baca Juga  Kemenperin Tekan Defisit Perdagangan Industri Kimia

Raditya mengatakan, setidaknya tiga kompetensi penting di masa depan. Pertama, ketahanan diri dan kemampuan mengelola stres (resilience and stress tolerance).

“Kemampuan mengelola stres dan bangkit dari situasi sulit adalah kedua kemampuan yang berkaitan serta memiliki dampak cukup signifikan dalam menjawab tantangan kerja di sektor digital,” tandas Raditya dalam keterangan tertulis Kamis (14/4/22).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0