in ,

Tiga Kompetensi yang Diperlukan Industri Digital

Menurut Raditya, setiap orang memiliki tingkat sensitivitas terhadap stres yang berbeda. Hal tersebut, harus menjadi pertimbangan bagi employer ketika memberikan tanggung jawab kepada calon karyawannya agar mereka tidak terbebani secara mental ketika bekerja. Selain berdampak terhadap kesehatan, hal tersebut juga akan memengaruhi tingkat produktivitas yang dapat dihasilkan oleh karyawan.

Kedua, complex problem solving atau kemampuan memecahkan masalah kompleks. Kemampuan pemecahan masalah kompleks, tutur Raditya, adalah serangkaian proses yang melibatkan unsur kognitif, emosional, dan motivasi seseorang. Layanan atau jasa di sektor digital membutuhkan keterampilan dan strategi yang tinggi, berbeda dari permasalahan yang berasal dari rutinitas atau sistem yang sudah teratur. Apalagi terkait dengan dunia digital yang setiap permasalahannya sangat kompleks, dan melibatkan kepentingan banyak orang.

Baca Juga  Pemerintah Cabut Aturan Pembatasan Barang Bawaan Pekerja Migran

Ketiga pembelajaran aktif atau active learning. Kemampuan belajar dengan aktif akan menentukan kapasitas individu dalam mengolah sumber daya pada dirinya untuk memahami konsep, mengajukan pertanyaan penting, berdiskusi, dan pada akhirnya mengaplikasikan ilmu mereka di lingkungannya. Perusahaan yang berencana melakukan transformasi di organisasinya, penting untuk memiliki SDM dengan kapasitas ini, agar target perubahan yang diinginkan dapat tercapai dengan optimal. Salah satu cara mengasah kemampuan active learning adalah dengan membiasakan diri terekspos dengan data dan metode belajar berbasis teknologi.

Sayangnya, menurut Raditya, banyak perusahaan yang belum mampu memanfaatkan potensi ini dengan baik. Tantangnya antara lain ketidakmampuan memberikan pelatihan terhadap karyawannya, sulit mendapatkan akses teknologi yang memadai, dan SDM yang terbatas.

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *