in ,

Terapkan Prinsip ESG, Bank BTN Jadi Anggota UNEP FI PBB

Bank BTN Jadi Anggota UNEP FI PBB
FOTO: IST

Terapkan Prinsip ESG, Bank BTN Jadi Anggota UNEP FI PBB

Pajak.com, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) resmi menjadi anggota United Nations Environment Programme Financial Initiative (UNEP FI), sebuah badan yang diinisiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendorong pengembangan industri perbankan yang berkelanjutan (sustainable banking industry) di seluruh dunia. Keanggotaan ini karena Bank BTN terapkan prinsip environmental, social, and governance (ESG).

“Bank BTN telah menandatangani prinsip-prinsip PBB untuk perbankan yang bertanggung jawab atau UN principles for responsible banking. Bergabungnya BTN menjadi anggota UNEP FI merupakan wujud nyata komitmen kami untuk berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan dan menjadi bank yang terdepan dalam penerapan prinsip-prinsip ESG. Dengan mengambil peran aktif secara internasional, Bank BTN telah berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan kami, yaitu menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia,” ungkap Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com, (15/1).

Ia menjelaskan, UN Principles for Responsible Banking merupakan sebuah kerangka kerja untuk mendorong industri perbankan yang berkelanjutan, sesuai dengan visi dan misi dalam Sustainable Development Goals (SDGs) dan Paris Climate Agreement.

Baca Juga  Implikasi Inisiatif ESG dalam Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha

“Bank BTN mendapatkan banyak manfaat dengan keanggotaannya di UNEP FI, bersama-sama lebih dari 500 anggota lainnya dari industri keuangan dunia. Sebagai anggota, Bank BTN akan menerapkan UN Principles for Responsible Banking (PRB) yang diakui secara internasional. Penerapan PRB ini memungkinkan BTN untuk secara terbuka menyampaikan komitmennya dalam memasukkan faktor ESG dalam pengambilan keputusan bisnis perbankan,” ungkap Nixon.

Sebagai anggota, Bank BTN akan mengikuti Annual General Meeting (AGM) UNEP FI yang dilaksanakan setiap tahun dan dapat berpartisipasi dalam proses annual voting saat pengambilan keputusan rapat. UNEP FI juga bakal mendukung Bank BTN dalam menyusun sustainable finance framework, termasuk capacity building, pelatihan, dan pertukaran informasi dengan lembaga sejenis.

“Bank BTN dapat mengakses pengetahuan dan tim ahli yang berpengalaman dalam keuangan berkelanjutan, serta terlibat dengan berbagai pemangku kepentingan sesama anggota UNEP FI. Dengan menjadi anggota UNEP FI dan menandatangani prinsip-prinsip perbankan yang bertanggung jawab,” ujar Nixon.

Untuk itu, Bank BTN telah memiliki framework, inisiatif, dan ESG 2023-2028. Nixon memastikan, Bank BTN telah menunjukkan sejumlah komitmen penerapan pilar ESG dalam bisnis dan operasionalnya. Sebagai contoh, pemasangan panel surya di Kantor Pusat Bank BTN, pengadaan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional dan mencantumkan kategori kegiatan usaha berkelanjutan pada pedoman portofolio (portfolio guidelines).

“Selain itu, Bank BTN turut aktif mempromosikan pembiayaan untuk rumah ramah lingkungan (green housing). Bank BTN juga gencar meningkatkan kesadaran (awareness) karyawan, vendor, dan nasabah mengenai prinsip keberlanjutan melalui berbagai aktivitas,” pungkas Nixon.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *