in ,

Strategi BUMN Cetak 25 Unicorn Lokal

Kedua, kementerian BUMN bersama Presiden Jokowi akan meluncurkan progam besar untuk memantik mengembangan startup dalam negeri pada pekan kedua Desember 2021 mendatang.

“Nah, ini kan kita harus membuat sebuah gelombang besar baru, makanya kita bulan Desember minggu kedua, bersama Pak Presiden akan meluncurkan juga bagaimana kita terus mendorong generasi muda punya perusahaan menjadi unicorn baru. Setelah launching kita akan training 10 ribu startup agar berkelanjutan. Lalu undang 10 top investor,” kata Erick.

Pendiri Mahaka Grup ini optimistis, kendati Indonesia baru memiliki lima unicorn, tapi kita memiliki potensi yang besar untuk mempunyai jumlah unicorn yang banyak. Setidaknya, pemerintah menargetkan 25 unicorn untuk beberapa tahun ke depan. Ia menyebut, dalam waktu dekat startup Ruangguru juga akan segera menjadi unicorn.

“Suatu fakta menarik di Indonesia ketika bicara entrepreneurship persentasenya rendah, tapi ketika bicara jumlah startup malah menjadi nomor empat di dunia. Ini hal menarik. Startup kita punya potensi luar biasa, market besar dan mayoritas (pendiri startup) generasi muda,” kata Erick.

Baca Juga  Definisi dan Ketentuan Hak Angket DPR

Bertumbuhnya startup di Indonesia juga akan memiliki efek berganda bagi pembangunan Indonesia, seperti membuka lapangan kerja yang sangat masif, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan memastikan Indonesia terproteksi dengan digitalisasi.

“Jangan hanya kita menjadi market saja, tapi banyak entrepreneur Indonesia yang berdiri tegak. Kita mendukung mereka,” jelas Erick.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *