in ,

Realisasi Pemanfaatan EBT Indonesia Alami Peningkatan

Untuk bensin sawit, menurut Dadan saat ini sedang dibuat demo plan kerja sama antara ITB dan BPDP Sawit dengan PT Pura Barutama selaku kontraktor di lapangan, yang rencananya akan dibuat berkapasitas 1.000 liter per hari. Proyek ini ke depan akan dikembangkan secara bersama. Saat ini sudah disiapkan daerah pengembangan di Musi Banyu Asin dan Kabupaten Pelalawan, masuk menjadi program strategis nasional.

Hal ini akan menciptakan industri yang terintegrasi antara kebun sawit, pengelolaan sawit di hulu sampai hilir sehingga didapatkan subsitusi dari bensin.

Sementara untuk jenis Bio CNG, Dadan mengatakan, ke depan sangat berpotensi besar karena memanfaatkan biogas yang berasal dari limbah, mayoritas dari limbah industri sawit.

Baca Juga  Tunjukkan Kompetensimu, Berikut “Tips” Tingkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

“Kami akan kemas biogas ini menjadi seperti LPG jadi ditabungkan atau bisa juga ditransportasikan seperti jargas (jaringan gas). Jadi, teknologinya sudah mulai dikuasai dan di lapangan sudah diterapkan, dan apabila kita kembangkan ke tempat lain akan bisa menjadi salah satu subsitusi dari program-program transisi energi, menggeser pemanfaatan fosil kepada EBT,” jelas Dadan.

Dadan menjelaskan, realisasi investasi EBTKE kemungkinan besar tidak mencapai target untuk 2021 karena faktor pandemi Covid-19. Adapun target investasi EBTKE adalah 2 miliar dollar AS dan sampai dengan September ini mencapai 1,12 miliar dollar AS.

Realisasi investasi ini berasal dari kegiatan yang ada di konservasi energi, yaitu kegiatan penghematan energi, kemudian dari proyek yang ada di bioenergi, baik untuk pembangkit listrik ataupun produksi BBM. Sampai dengan triwulan III 2021, realisasi penurunan emisi telah mencapai 69,5 juta ton CO2e. Aksi mitigasi yang menyumbang reduksi emisi paling besar antara lain implementasi EBT, aplikasi efisiensi energi dan penerapan bahan bakar rendah karbon (gas alam).

Baca Juga  XL Axiata Raih Sertifikat “Carbon Disclosure Project”

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *