in ,

PPKM Darurat, Pemda Akselerasi Anggaran Perlinsos

Proyeksi itu dapat meleset lebih rendah jika pemerintah tidak memperpanjang PPKM darurat sekitar dua minggu ke depan. Jika dilihat, tren kenaikan kasus memang sedikit lebih rendah dibandingkan dua hari yang lalu, namun pergerakan kasus selama seminggu sejatinya masih mengalami peningkatan. Yusuf mencatat, bed occupancy rate (BOR) rumah sakit masih berada di kisaran 90 persen.

“Dengan hitungan PPKM darurat diperpanjang, anggaran saat ini, menurut saya untuk perlindungan sosial, hitungan insentifnya tidak hanya pada periode PPKM darurat saja tapi juga pada periode setelah PPKM selesai sekitar 1 hingga 2 bulan. Hitungan kasar saya perlu ada tambahan Rp 100 triliun hingga Rp 200 triliun untuk anggaran PEN, khususnya untuk perlinsos dan bantuan UMKM,” jelasnya.

Baca Juga  THR Tak Dibayarkan Perusahaan, Begini Cara Melaporkannya ke Kemenaker

Seperti diketahui, dalam merespons PPKM darurat, pemerintah telah menambah anggaran perlinsos di tahun 2021 dari Rp 153,86 triliun menjadi Rp 187,84 triliun. Sementara itu, anggaran kesehatan naik dari Rp 193,93 triliun menjadi Rp 214,95 triliun. Total dana PEN juga akan berubah, anggaran PEN yang telah dilaporkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mencapai Rp 699,43 triliun akan meningkat sebesar Rp 744,75 triliun per 16 Juli 2021. Penambahan anggaran ini akan didanai dari refocusing dan reprioritisasi anggaran.

Ditulis oleh

Baca Juga  Presiden Jokowi Serukan Aksi Komprehensif dalam Memerangi TPPU

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *