in ,

Potensi Indonesia Menjadi “Hub” Vaksin di Asia Tenggara

Menurut Mahendra, ketersediaan vaksin di Indonesia sejatinya lebih baik dari negara lainnya. Pemerintah juga berupaya mempercepat vaksinasi untuk pemulihan kesehatan masyarakat dan perekonomian. Hingga saat ini Indonesia sudah memiliki 150 juta dosis dan tersedia untuk menampung sekitar 75 juta vaksinasi. Ketersediaan itu untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi sekitar 208 juta sampai dengan 209 juta penduduk.

“Upaya yang sudah dilakukan, kami terus mencari vaksin Korona baik dari China, Inggris dan Amerika Serikat, sehingga akhir tahun bisa mendapat kurang lebih sekitar 280 juta dosis,” ungkapnya.

Di sisi multilateral, Kemenlu konsisten mendorong sistem yang adil, agar negara berkembang lainnya dapat mengakses vaksin. Indonesia bisa mengakses vaksin 20 persen sampai dengan 30 persen dari total populasi.

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

“Ini kunci diplomasi karena Indonesia sebelum dan saat pandemi tidak pernah mempolitisasi dan tidak memihak dari berbagai macam persaingan produsen atau bentuk perebutan pengaruh kekuasaan global. Dan memang ternyata saat kami berharap ada keputusan global yang bisa menghadapi pandemi secar global (bersama-sama), ternyata justru terjadi perebutan pengaruh,” ungkap Mahendra.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Country Director Asian Development Bank (ADB) Said Zaidansyah menyatakan, pihaknya akan berkomitmen memberikan dukungan apabila produsen global memilih Indonesia sebagai hub produksi vaksin Covid-19.

“ADB akan membantu melalui pendanaan dan siap berdiskusi dengan produsen vaksinnya. Dalam hal Bio Farma menjadi second global hub manufaktur vaksin Korona setelah Afrika Selatan. Ini dalam kerangka kerja sama vaksin WHO (World Health Organization), bukan komersial. Saat ini ADB punya fasilitas pendanaan untuk pengadaan vaksin. Bahkan saat ini sudah ada alokasi 1,4 miliar dollar AS pinjaman lunak bagi Indonesia, pinjaman lunak Bio Farma untuk produksi vaksin Korona,” ungkapnya.

Baca Juga  Mempelajari Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *