in ,

Potensi Indonesia Menjadi “Hub” Vaksin di Asia Tenggara

Potensi Indonesia Menjadi “Hub” Vaksin di Asia Tenggara
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengungkapkan, Indonesia berpotensi menjadi pusat (hub) vaksin di Asia Tenggara. Untuk itu, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) tengah berupaya melakukan diplomasi dengan negara-negara produsen vaksin Covid-19.

“Baik dengan produsen China, Amerika Serikat, dan Eropa (melakukan diplomasi). Banyak negara Asia Tenggara khususnya Indonesia potensi menjadi menjadi hub vaksin yang bagus pada kerja sama ASEAN. Karena Indonesia pengguna vaksin Korona terbesar, pasar juga diperhatikan membuka kesempatan, kami mendorong ada peluang ada rekombinan in inactivated juga nucleic, baik mRNA (messenger ribonukleat acid) dan DNA (deoksiribonukleat) memang agak sulit tapi terus akan didorong,” ungkap Mahendra dalam webinar bertajuk Upaya Percepatan Pemulihan Ekonomi pada Masa Pandemi, yang diadakan oleh Indonesian Diaspora Network Global, Sabtu (14/8).

Baca Juga  ADB Dukung Pengembangan Energi Hijau di Indonesia

Selain itu, Mahendra mengungkapkan, tidak hanya soal ketersedian obat dan vaksin Covid-19 yang tengah dihadapi dunia saat ini, melainkan keampuhan keduanya untuk menghadapi varian Delta yang lebih agresif. Dengan demikian, diperlukan pula penelitian yang intensif untuk menemukan potensi mutasi virus yang diduga itu.

“Sejak awal pilihan pemerintah Indonesia untuk menjajaki diplomasi secara internasional atas semua kemungkinan untuk bisa mengakses dan pengadaan vaksin Korona secara bilateral dan multilateral. Karena pemerintah Indonesia menganggap upaya ini paling adil agar vaksin Korona bisa diakses secara merata, baik secara government to government maupun juga secara komersial. Komersial juga tidak mudah karena semua orang bisa beli tapi tidak ada (di pasaran) yang bisa memproduksi terbatas,” ujarnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0