in ,

Bappenas: Potensi Blue Economy Indonesia Rp 1,9 Triliun

Ia pun menegaskan bahwa Kerangka Pembangunan Ekonomi Biru untuk Transformasi Ekonomi di Indonesia seirama dengan inisiatif global dalam pencapaian Agenda 2030 on Sustainability Development Goals (SDGs).

“Kerangka pembangunan ekonomi biru diarahkan untuk mengoptimalkan modalitas yang dimiliki Indonesia sebagai negara kepulauan dengan keanekaragaman sumber daya kelautan, serta posisi Indonesia yang strategis secara politik dan ekonomi,” jelas Suharso.

Melalui kerangka pembangunan ini pengelolaan sumber daya dan ekosistem kelautan juga diarahkan untuk dapat mengatasi tantangan degradasi pesisir dan sumber daya alam, perubahan iklim, polusi laut, serta kerentanan sosial ekonomi masyarakat pesisir yang terdampak perubahan kondisi ekosistem laut dan pesisir.

“Pengembangan ekonomi biru diharapkan dapat memperluas pemanfaatan peluang pengembangan aktivitas ekonomi bernilai tambah tinggi, seperti pariwisata berkualitas, pengembangan EBT (energi baru dan terbarukan), ekonomi sirkular, dan industri pengolahan berbasis sumber daya kelautan. Utamanya bagi masyarakat pesisir, manfaat dari pengembangan ekonomi biru berkaitan dengan kelestarian keanekaragaman hayati laut, ekosistem laut dan pesisir,” jelas Suharso.

Baca Juga  Pemerintah Cabut Aturan Pembatasan Barang Bawaan Pekerja Migran

Selain itu, Indonesia dinilai memiliki potensi besar untuk menjalankan pemulihan biru pascapandemi (blue recovery) dan mendorong transisi dari upaya ekstraktif menjadi penciptaan nilai tambah dan produktivitas.

“Ekonomi biru di Indonesia merupakan ruang untuk menciptakan inovasi dan kreativitas baru, baik pada sektor yang sudah ada maupun yang sedang berkembang, sehingga ekonomi biru dapat menjadi penggerak peningkatan kesejahteraan yang inklusif. Oleh sebab itu, pengembangan ekonomi biru membutuhkan sinergi antarsektor untuk dapat menangani beberapa peluang dan tantangan,” kata Suharso.

Ditulis oleh

Baca Juga  Sri Mulyani Pastikan Hadir di Sidang Sengketa Pilpres

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *