in ,

PLN: Konsumsi Listrik Naik, Indikasi Pemulihan Ekonomi

PLN: Konsumsi Listrik Naik, Indikasi Pemulihan Ekonomi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Di tengah pandemi, PT PLN (Persero) berupaya keras untuk turut andil dalam memulihkan perekonomian, melalui pemanfaatan listrik yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan efisiensi biaya. Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menilai pemulihan ekonomi sudah terasa, melihat konsumsi listrik yang kian membaik. Hal ini juga tecermin dari beban puncak pada Kamis, 14 Oktober 2021, yang merupakan tertinggi sejak 2019.

“Ini menandakan bahwa perekonomian sudah kembali pulih. Aktivitas industri dan perekonomian sudah kembali pulih. Diharapkan, kondisi ini terus membaik dan akan mencapai pertumbuhan ekonomi nasional yang positif,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (17/10).

Ia memaparkan, adapun beban puncak malam tertinggi sepanjang 2021 berada pada Kamis 14 Oktober pada pukul 19.00 WIB kemarin yang mencapai 28.093 MW. Angka ini lebih baik dibandingkan sepanjang 2019 yang sebesar 27.973 MW. Di sisi lain, beban puncak siang hari sepanjang 2021 tertinggi pada Rabu 13 Oktober 2021 yaitu mencapai 27.740 MW.

Baca Juga  Kemendag dan BNI Fasilitasi Pembiayaan Ekspor UKM

Melihat hal tersebut, Zulkifli memastikan bahwa pasokan listrik andal untuk menyambut pemulihan ekonomi akan terlaksana dengan baik dan pihaknya akan terus melakukan pengecekan seluruh operasional pembangkit, transmisi dan distribusi khususnya di wilayah Jawa Madura dan Bali.

Ia melanjutkan, pemulihan ekonomi ini juga terasa dari catatan konsumsi listrik yang tumbuh. Hingga September, konsumsi listrik tumbuh 4,42 persen jika dibandingkan tahun lalu.

“Kondisi ini menunjukan strategi PLN dalam meningkatkan konsumsi listrik di masyarakat berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Pada kesempatan lain, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menjelaskan hingga kuartal III 2021 konsumsi listrik tercatat sebesar 187,78 TWh atau naik 4,42 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *