in ,

Perekonomian Nasional Tumbuh 5 Persen di Kuartal I-2022

Perekonomian Nasional Tumbuh
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, perekonomian nasional pada kuartal I-2022 (Januari—Maret) berada dalam zona positif, yaitu tumbuh 5,01 persen. Dibandingkan tahun lalu di periode yang sama, pertumbuhan nasional masih terkontraksi 0,74 persen. Kinerja pertumbuhan ekonomi ini sejalan dengan perkiraan kementerian keuangan yang berada di level 5 persen.

BPS juga mencatat, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada kuartal I-2022 Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) sebesar Rp 4.513 triliun, sementara bila dilihat Atas Dasar Harga Konstan (ADHK) tercatat Rp 2.808,6 triliun.

“Tingginya angka pertumbuhan pada kuartal I-2022 ini karena ada pemulihan ekonomi masyarakat. Tapi selain karena ada pemulihan ekonomi, pertumbuhan yang tinggi ini tak lepas dari basis rendah pada tahun lalu, low based effect. Meski tumbuh secara tahunan, pertumbuhan ekonomi di periode Januari hingga Maret 2022 ini mengalami kontraksi tipis jika dibandingkan kuartal sebelumnya, yang turun 0,96 persen dibanding kuartal IV-2021,” jelas Kepala BPS Margo Yuwono dalam Konferensi Pers Pertumbuhan Ekonomi Indonesia kuartal I-2022, yang dilakukan secara virtual (9/5).

Baca Juga  Peluang Pertumbuhan Ekonomi Melalui Program Vaksinasi

Ia mengelaborasi, kinerja perekonomian nasional kuartal I-2022 didukung oleh konsumsi rumah tangga yang mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 4,34 persen. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan kinerja konsumsi rumah tangga pada kuartal I-2021 yang turun 2,21 persen. Selain itu, juga masih lebih tinggi bila dibandingkan dengan pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal IV-2021, yakni sebesar 3,55 persen.

“Peningkatan mobilitas penduduk kemudian mendorong tingkat konsumsi masyarakat. Karena masyarakat tidak hanya berbelanja untuk kebutuhan pokok, tetapi sudah mulai berbelanja di sektor tersier seperti hotel, angkutan, restoran, dan lain-lain,” kata Margo.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings