in ,

Pengusaha Dituntut Adaptasi dan Efisiensi Hadapi PPKM

Ia kembali menekankan bahwa tidak ada negara yang siap menghadapi pandemi Covid-19, terlebih virus ini berpotensi besar bermutasi secara berkepanjangan dan tidak terduga. Pengusaha harus percaya, pelbagai kebijakan pemerintah adalah upaya untuk mengendalikan pandemi.

“Perpanjangan PPKM adalah kebijakan untuk jangka panjang, karena kita tidak tahu ini kapan selesai. Tetapi poinnya, secara tidak langsung kita harus hidup bersama pandemi. Walaupun dari segi jangka pendek memang ini (perpanjangan PPKM) sangat menyulitkan para pelaku usaha, baik itu UMKM (usaha mikro kecil menengah) atau perusahaan besar lain,” tambah Shinta.

Jika pemerintah mampu menurunkan angka kasus aktif Covid-19, KADIN Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi mencapai sekitar 4,5 persen di akhir 2021. Angka ini senada dengan proyeksi pemerintah, yakni di kisaran 3,7 persen sampai 4,5 persen.

Baca Juga  Panduan Mudah Tukar Uang Baru dengan Aplikasi PINTAR

“Untuk di kuartal III dan IV ini masih belum bisa memperkirakan kinerjanya akan seperti apa. Jadi di kuartal III ini tergantung bagaimana tingkat relaksasinya dan seberapa cepat relaksasinya nanti. Dengan demikian hal ini akan berimbas pada proyeksi pertumbuhan tahunan di akhir 2021,” kata Shinta.

Ditulis oleh

Baca Juga  Pemerintah dan WRI Indonesia Susun Peta Jalan Dekarbonisasi Industri Nikel

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *