in ,

Pengangguran-Kemiskinan Diprediksi Meningkat Tahun Ini

Menurut hitungan Core, pada September 2021 tingkat kemiskinan bisa mencapai 10,25-10,45, lebih tinggi dibanding September tahun 2020 atau tingkat kemiskinan pada Maret tahun 2021. Adapun pada bulan Maret, tingkat kemiskinan sudah lebih baik dibanding tahun 2020, meski hanya menurun tipis 0,01 juta orang menjadi 27,54 juta orang. Sementara indeks kedalaman kemiskinan menurun dari 1,75 poin pada September 2020 menjadi 1,71 poin pada Maret 2021. Sebagai informasi, indeks kedalaman kemiskinan merupakan indeks yang digunakan untuk mengukur seberapa dalam kemiskinan yang dirasakan penduduk.

Untuk mengurangi kemungkinan lonjakan pengangguran, Kementerian Ketenagakerjaan mencanangkan Gerakan #TalenthubBantuKerja, sebuah gerakan nasional untuk meningkatkan keterampilan anak muda di bidang kreatif dan digital. Gerakan ini sebagai salah satu wujud perhatian besar Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam mengembangkan potensi serta mendukung talenta generasi muda.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, pembangunan ketenagakerjaan dilakukan secara inklusif, dengan memberikan ruang terbuka dan mendorong pemuda untuk meningkatkan potensi kreatif dan kompetensinya, agar dapat berperan lebih besar dalam menggerakkan ekonomi, baik dengan menjadi pekerja maupun wirausaha. Secara simultan, gerakan ini diisi dengan berbagai program kerja kreatif, penyaluran pemagangan, dan mentoring bisnis. Melalui gerakan ini, diharapkan akan muncul para wirausaha muda dan UMKM baru di seluruh pelosok negeri. Selain itu, para profesional muda maupun freelancer akan kembali mendapatkan pekerjaan, sehingga mereka mampu bertahan dan tumbuh.

Ditulis oleh

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *