in ,

Pemerintah Siapkan “Super Apps” Layanan Publik

Pemerintah Siapkan Super Apps
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah tengah menyiapkan super apps  untuk memberikan layanan publik terpadu. Hal ini sebagai salah satu upaya mempercepat digitalisasi layanan publik dan penerapan digital melayani. Terlebih saat ini masih banyak layanan publik yang diakses masyarakat secara parsial. Hadirnya public services super apps, suatu aplikasi layanan publik terpadu dalam satu aplikasi diharapkan menjadi solusi untuk kemudahan layanan.

“Pemerintah kini tengah menyiapkan super apps layanan publik terpadu untuk menghasilkan satu data sebagai implementasi data driven policy di Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam keterangan tertulis Selasa (12/7/22).

Menurut Menkominfo, aplikasi pemerintah yang digunakan saat ini terlalu banyak, tidak efisien dan cenderung bekerja masing-masing. Oleh karena itu, diperlukan super apps untuk memudahkan komunikasi lintas instansi agar terintegrasi dalam satu sistem yang sama. Sistem ini juga bertujuan mencegah duplikasi aplikasi-aplikasi sejenis dari berbagai kementerian atau lembaga.

Baca Juga  Bank Dunia: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 4,6 Persen

“Pemerintah saja saat ini masih menggunakan 24.400 aplikasi, tidak efisien dan bekerja sendiri-sendiri. Bahkan, di setiap kementerian-lembaga dan pemerintah daerah masing-masing mempunyai aplikasi yang berbeda-beda di setiap unitnya, sangat tidak efisien,” jelas Johnny.

Menkominfo menyatakan, dari 24.400 aplikasi yang tersebar itu, Kementerian Kominfo akan melakukan shutdown atau menutupnya. Selanjutnya, secara bertahap akan dipindahkan ke dalam super apps. Johnny yakin dengan efisiensi penggunaan super apps akan lebih tinggi dari aspek intervensi fiskal yang dikeluarkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0