in ,

Pemerintah dan DPR Sepakati Asumsi Dasar Makro 2022

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyetujui usulan kenaikan target batas bawah pertumbuhan ekonomi yang disampaikan para anggota dewan. Kendati demikian, ia mengatakan, dunia masih dihantui oleh ketidakpastian pandemi COVID-19. Sehingga masih banyak risiko dan tantangan pemerintah dalam mendorong kinerja perekonomian dalam negeri.

“Tidak ada jaminan pertumbuhan ekonomi akan bisa berlanjut (sampai akhir tahun), kalau tidak menjaga dari sisi pandeminya. COVID-19 harus bisa dikendalikan. Karena kelihatan sekali, begitu COVID-19 naik, seluruh kegiatan sosial ekonomi terpukul,” jelas Sri Mulyani.

Oleh sebab itu, Anggota Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga mengatakan, pemerintah harus mengakselerasi vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat agar pertumbuhan ekonomi dapat tercapai.

Baca Juga  Jokowi: Saham Freeport Naik 61 Persen, 80 Persen Pendapatannya Masuk ke Negara

“Misalnya gini, Desember 2021 ini selesai 70 persen atau 80 persen vaksinasi secara keseluruhan nasional, silahkan. Akan tetapi target minimumnya harus 60 persen secara nasional,” tambah Eriko

Kedua, pemerintah dan DPR telah menetapkan laju inflasi sebesar 3 persen. Target ini tidak berubah dari usulan pemerintah sebelumnya. Ketiga, nilai tukar rupiah dipatok Rp 14.350 per dollar AS atau tidak berubah dari usulan awal.

Keempat, tingkat suku bunga surat utang negara (SUN) 10 tahun 2022 ditetapkan sebesar 6,8 persen. Penetapan ini tidak berubah dari usul pemerintah, walaupun pada awalnya sejumlah fraksi meminta pemerintah kembali menurunkan suku bunga SUN 10 tahun menjadi 6,7 persen.

Baca Juga  Airlangga Tegaskan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan

Kelima, tingkat pengangguran terbuka (TPT) ditetapkan 5,5 persen hingga 6,3 persen. Keenam, tingkat kemiskinan diketok 8,5 persen hingga 9 persen. Ketujuh, rasio gini di kisaran 0,376 sampai 0,378. Kedelapan, indeks pembangunan manusia (IPM) disepakati di 73,41 sampai 73,46. Kesembilan, target nilai tukar petani sebesar 103 hingga 105. Kesepuluh, nilai tukar nelayan ditetapkan 104 sampai 106.

Ditulis oleh

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *