in ,

Pandemi, Akselerasi Perubahan Perilaku Belanja Daring

Temuan lainnya yakni paylater berpotensi sebagai pembayaran yang semakin diminati konsumen karena terbilang cepat, aman, dan nyaman.

Paylater diperkirakan menjadi salah satu pembayaran digital yang tumbuh paling cepat di e-commerce dalam satu tahun terakhir. Studi ini menunjukkan bahwa hampir 90 persen konsumen menyadari bahwa paylater merupakan sebuah opsi pembayaran, dan mereka yang sudah menggunakan paylater sangat puas lalu 50 persen di antaranya berencana menggunakan paylater lebih sering daripada sebelumnya,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Expert Panel Katadata Insight Center (KIC) Mulya Amri mengatakan, besarnya data Kredivo yang diteliti membuat pihaknya dapat melihat secara dekat perubahan maupun dampak yang terjadi pada industri e-commerce dari tahun 2019 ke tahun 2020 di tengah pandemi ini.

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

“Melalui pendekatan bottom up yang berdasarkan data primer, riset ini hadir sebagai pelengkap dari laporan atau riset yang selama ini hanya menggunakan pendekatan makro atau analisis top down, tanpa menganalisis perilaku konsumen e-commerce secara lebih komprehensif,” ungkap Mulya.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga menambahkan, industri digital memang ditantang untuk terus berinovasi demi memenuhi kebutuhan konsumen.

“Seiring meningkatnya popularitas e-commerce maupun paylater sebagai metode pembayaran selama setahun terakhir, kami berharap riset Kredivo ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi digital negeri lebih cepat lagi,” kata Bima.

Ditulis oleh

Baca Juga  Jaga Ekonomi Nasional, Wamenkeu Beberkan Strategi Hadapi Konflik Timur Tengah 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *