in ,

Muslimpreneur Milenial Lewat Program Talenta Wirausaha

“Pondok pesantren bukan hanya sebagai lembaga pendidikan yang bergerak di bidang agama, melainkan sebagai pendidikan yang responsif akan problematika ekonomi di masyarakat. Seiring perubahan disruptif, pondok pesantren melakukan transformasi, salah satunya kemampuan kewirausahaan para santri agar dapat mengagregasi potensi ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” kata Teten.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, BSI akan terus berupaya untuk mencapai harapan itu. Ia menjelaskan, Talenta Wirausaha BSI 2022 merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya (scale up), sehingga mampu bertahan dan bersaing dengan beragam bisnis yang sudah mapan.

“Program ini digagas sebagai bentuk keseriusan BSI untuk mendorong UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional serta membangkitkan ekonomi syariah melalui penguatan sektor bisnis ekonomi rakyat,” kata Hery.

Baca Juga  Jaga Ekonomi Nasional, Wamenkeu Beberkan Strategi Hadapi Konflik Timur Tengah 

Program ini memiliki empat tahapan kegiatan utama. Pertama, onboarding berupa talkshow di berbagai kota tentang talenta kewirausahaan di kalangan generasi muda. Kedua, workshop berupa pelatihan dan pendampingan bersama mentor yang ahli tentang pengembangan produk, pemasaran, dan akses pembiayaan. Ketiga, awarding sebagai acara puncak penjurian dan penganugerahan kepada talenta wirausaha muda terbaik Indonesia. Keempat, partnership berupa kesempatan bagi wirausaha muda untuk bermitra dengan BSI.

“Dalam menentukan UMKM terpilih, BSI mengkategorikan para wirausaha dalam tiga kategori, UMKM pemula, UMKM rintisan, dan UMKM berdaya. Sehingga, masing-masing segmen dapat bersaing sesuai dengan peers dan tingkat kapasitas usahanya,” tambah Hery.

Ditulis oleh

Baca Juga  BPK Minta Pemerintah Terus Tingkatkan Kualitas APBN

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *