in ,

Menteri PUPR: Presiden Jokowi Akan Berkantor di IKN 17 Agustus 2024

Menteri PUPR: Presiden Jokowi Akan Berkantor di IKN
FOTO: Setkab RI

Menteri PUPR: Presiden Jokowi Akan Berkantor di IKN 17 Agustus 2024

Pajak,com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas (ratas) yang membahas mengenai tindak lanjut kesiapan lahan dan investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Istana Merdeka, Jakarta. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Presiden Jokowi direncanakan akan berkantor di IKN pada 17 Agustus 2024.

“Pemerintah berkomitmen menjadikan IKN sebagai model transformasi bekerja dan mempercepat penyediaan lahan untuk investasi. Pembangunan IKN ditargetkan tidak hanya sekadar memindahkan ibu kota, melainkan juga sebagai contoh transformasi bekerja yang efisien dan cepat serta contoh bagi pemerintah daerah lainnya,” jelas Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com(14/3).

Terkait percepatan lahan untuk investasi, menurutnya, Jokowi memberikan arahan untuk memperjelas dan mempercepat status lahan, terutama dalam pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur dan penyediaan lahan untuk investasi.

“Jangan sampai malah Otorita IKN ini terbawa sistem langgam birokrasi yang berbelit-belit dan lambat,” ujar Basuki.

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan agar disediakan fasilitas atau desk khusus untuk melayani pengaduan investor serta ditunjuk penanggung jawab atau person-in-charge (PIC) untuk berkomunikasi secara intens dengan para investor.

“Jadi, apakah satu PIC untuk satu investor atau satu PIC untuk lima investor, atau satu PIC untuk sepuluh investor. Sehingga, investor itu bisa komunikasi intens dengan pejabat IKN, itu yang namanya PIC,” jelas Basuki.

Baca Juga  Kemenves/BKPM Tawarkan 12 Profil Proyek Investasi Bernilai Rp 52,17 T untuk Dukung IKN

Mengenai progres pembangunan, ia mengungkapkan bahwa infrastruktur dasar, seperti air bersih dan jalan tol ditargetkan rampung pada pertengahan 2024. Jika infrastruktur pendukung sudah siap, presiden berencana mulai berkantor di IKN pada 17 Agustus 2024.

“Jadi, fasilitas utama, yakni air dan airport, insyaallah Juli (tahun 2024) sudah siap. Makanya nanti 17 Agustus 2024, insyaallah beliau (presiden) akan berkantor di sana,” imbuh Basuki.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengungkapkan bahwa nilai investasi di IKN sudah mendekati Rp 49,6 triliun dengan 32 institusi yang telah melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking).

“Tentu kita akan mewujudkan apa yang sudah di-groundbreaking itu, untuk diwujudkan sesegera mungkin. Itu tadi yang kita juga lihat bahwa investasi ini perlu sesegera mungkin kita realisasikan di lapangan sehingga ekosistem tadi terbentuk,” kata Bambang.

Dalam upaya mempromosikan investasi untuk mendukung pembangunan IKN, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (Kemenves/BKPM) pun meluncurkan 12 proyek Peta Peluang Investasi (PPI).

Sekretaris Utama Kemenves/BKPM Ikmal Lukman mengungkapkan, tawarkan 12 profil proyek investasi dengan total nilai investasi sebesar Rp 52,17 triliun untuk mendukung pembangunan IKN.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *