in ,

Mendagri Minta Pemda Cairkan Insentif Nakes dan Bansos

Salah satu program yang wajib segera teralisasikan lainnya, yaitu bansos. Tito menyarankan pemerintah daerah mengajak kepala polres dan kepala kejaksaan negeri setempat menandatangani berita acara penyaluran bansos kepada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penyaluran sekaligus mengikis kekhawatiran pemerintah daerah soal penyalahgunaan anggaran.

“Teknisnya di lapangan rekan-rekan kepala daerah begitu akan membagikan bansosnya buat daftarnya, bila perlu buat berita acaranya, kemudian duduk bersama dengan kapolres, dengan Kajari, bila perlu tanda tangani sama-sama berita acaranya, sehingga rekan-rekan merasa aman nantinya,” kata Tito.

Eks Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ini memastikan, Kejaksaan Agung, Polri, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mendukung pelaksanaan penyaluran bansos. Setiap institusi itu memiliki regulasi yang mengatur kepala daerah untuk tidak menyalahi aturan dalam pelaksanaan percepatan realisasi bansos.

Baca Juga  Lippo Karawaci Libatkan Mitra Strategis dalam Menerapkan ESG

Tito juga menekankan, supaya pemerintah daerah mengutamakan pemberian bansos kepada warganya yang tidak terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang dikelola pemerintah pusat. Sebab apabila daerah hanya mengandalkan pemerintah pusat, penyaluran bansos akan lebih lambat karena memerlukan validasi data yang memakan waktu.

“Khusus bansos ini saya minta betul kepada rekan-rekan kepala daerah tolong secara simbolik turun ke lapangan, kalau semua bergerak secara masif turun ke lapangan maka masyarakat akan merasa tenang karena mendapat bantuan dari pemerintah,” tutur Tito.

Ia akan mengirim surat ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mencapai realisasi penyaluran 100 persen. Sebaliknya, ia akan memberi surat teguran kepada daerah yang lambat mencairkan insentif nakes, bansos, atau belanja penanganan COVID-19 lainnya.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *