in ,

Luhut: Transisi Pandemi ke Endemi di Indonesia Bertahap

“Tadi malam panjang lebar diskusi ini dengan para pakar, epidemiolog, maupun kesehatan untuk kita sampai pada kesimpulan ini. Kami akan terus melakukan evaluasi mengenai status endemi ke depan. Prakondisi tersebut harus terjadi dalam rentan waktu yang lama, stabil, dan konsisten. Meski begitu, indikator tersebut akan terus diperbaharui akan terus disempurnakan menurut pakar dan ahli. Prakondisi ini harus terjadi dalam rentang waktu panjang dan sudah stabil ataupun konsisten,” jelas Luhut.

Kedua, transisi dari pandemi ke endemi harus memenuhi target tingkat vaksinasi dosis dua dan booster, terutama kepada orang lanjut usia (lansia). Pemerintah pusat pun akan terus mendorong pemerintah daerah untuk memenuhi target vaksinasi itu.

Baca Juga  Jaga Ekonomi Nasional, Wamenkeu Beberkan Strategi Hadapi Konflik Timur Tengah 

“Pemerintah terus mendorong dan meminta bantuan kepada pemerintah daerah beserta jajarannya untuk terus aktif menyosialisasikan dan memaksimalkan jumlah vaksinasi booster bagi yang sudah memiliki tiket vaksin ketiga. Saya juga meminta masyarakat yang sudah memiliki tiket vaksin ketiga ataupun yang sudah divaksinasi lengkap dengan rentang waktu enam bulan dapat langsung mendatangi gerai-gerai vaksin yang telah disiapkan,” jelas Luhut.

Ketiga, kapasitas respons fasilitas kesehatan yang memadai, termasuk penggunaan surveilans yang aktif.

Ditulis oleh

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *