in ,

Lonjakan Pemudik dan Logistik, Ekonomi Nasional Bangkit

Lonjakan Pemudik dan Logistik
FOTO: IST

Pajak.com, Lampung – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, peningkatan pemudik dan jumlah logistik pada Lebaran 2022 membuktikan kebangkitan ekonomi nasional. Hal ini juga tidak terlepas dari pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ada data-data yang menarik, yang mana terbukti pembangunan infrastruktur yang dibangun bapakbada presiden (Jokowi) menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa. Jumlah truk logistik pada Lebaran 2022 periode H-10 hingga H-1 mencapai 22.588 unit atau naik 116 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019 yang sebesar 10.477 unit. Lonjakan logistik menjadi penanda bahwa perekonomian Indonesia mulai bangkit pascapandemi COVID-19. Ditambah lagi, dengan kenaikan (pemudik menggunakan) roda empat sampai 27 persen, dari 88.626 unit pada 2019 menjadi 112.139 unit pada 2022. Ini membuktikan ekonomi masyarakat meningkat,” ungkap Erick dalam konferensi pers peninjauan rencana persiapan arus balik mudik dari Sumatera di Pelabuhan Bakaheuni, Lampung, (4/5).

Baca Juga  Menparekraf-Dubes RI untuk Qatar Bahas Peluang Parekraf

Dengan demikian, ia menegaskan, Kementerian BUMN mendukung penuh rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk melakukan pemetaan ulang operasional jalur Pelabuhan Merak—Bakauheni. Kementerian BUMN akan bekerja sama dengan Polri dan pemerintah daerah (pemda) menindaklanjuti arahan terkait operasional jalur pelabuhan itu.

“Kementerian BUMN akan menggambarkan ulang bersama Polri dan pemda, apakah Merak ini akan tetap kita lakukan sebagai pelabuhan penyeberangan hanya mobil dan motor, apakah berikut logistik. Tapi, logistik dipindahkan ke titik lain. Hal ini jadi pertimbangan nanti kita hitung ulang supaya kita bisa meningkatkan kualitas untuk masyarakat,” ungkap Erick.

Ia juga bersyukur, arus mudik tahun ini dapat berjalan lancar. Bahkan, kedatangannya ke Pelabuhan Panjang merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menjaga prosesi arus balik tetap lancar seperti saat arus mudik.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0