in ,

Lonjakan Pemudik dan Logistik, Ekonomi Nasional Bangkit

“Sinergitas antara BUMN dengan Kemenhub dan berbagai pihak menjadi salah satu faktor utama keberhasilan arus mudik dan balik lebaran kali ini. Sejak awal, saya meminta BUMN mendukung Kemenhub dalam mewujudkan arus mudik dan balik yang aman dan sehat. BUMN dan Kemenhub terus berkoordinasi secara intensif dalam mengantisipasi sejumlah dinamika yang terjadi di lapangan,” ujar Erick.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy menambahkan, selama ini Pelabuhan Merak memang hanya melayani kendaraan pemudik, baik roda dua maupun roda empat. Untuk itu, ia berharap, rencana redesign pelabuhan bisa mengurangi antrean kendaraan di Jalan Cikuasa Atas hingga ruas tol Tangerang—Merak. Mengingat rasio logistik dan penumpang yang begitu banyak di Pelabuhan Indah Kiat—dermaga yang berdekatan dengan Pelabuhan Merak di Banten.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

“Pelabuhan ini melayani truk dan kendaraan besar yang mengangkut sembako maupun kebutuhan pokok lainnya menuju Pulau Sumatera,” ungkap Rudy.

Ia menyebutkan, alih fungsi Pelabuhan Indah Kiat menjadi angkutan umum khusus logistik menambah jumlah dermaga yang beroperasi melayani pemudik pada momen Idulfitri 1443 H, menjadi delapan unit. Sebanyak tujuh dermaga milik PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak dan satu lagi dermaga dioperasikan berada di Pelabuhan Indah Kiat.

Ditulis oleh

Baca Juga  Pemerintah Pantau Penurunan Nilai Ekspor Nasional

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *