in ,

Kominfo Beri Kesempatan Pengguna PayPal Pindah Aset

Beri Kesempatan Pengguna PayPal
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan, telah membuka sementara akses platform pembayaran PayPal terhitung sejak Minggu 31 Juli 2022 pukul 08.00 WIB hingga Jumat 5 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada pengguna PayPal memindahkan aset-asetnya ke platform lain selama masa pembukaan akses sementara tersebut.

“Di saat yang bersamaan, kami terus berusaha untuk berkomunikasi dengan pengelola PayPal, karena sampai saat ini meski pun sudah dicoba untuk berkomunikasi dengan berbagai macam cara atau jalur, PayPal sama sekali belum merespons,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan melalui keterangan pers, Senin (1/8).

Baca Juga  Pemerintah Resmi Cabut HET Minyak Goreng Kemasan

Selain itu, Kementerian Kominfo pun telah menghubungi kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk membantu komunikasi dengan PayPal agar dapat merespons pesan dari Kominfo. Sebelumnya, platform PayPal sempat diblokir oleh Kominfo pada Sabtu 30 Juli 2022.

Hal ini pun menuai protes dari para penggunanya terutama para pekerja lepas yang bergantung pada aplikasi ini untuk sistem pembayaran. Padahal, pemutusan akses ini merupakan bentuk sanksi administratif kepada PayPal karena tidak mendaftar sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Penolakan PayPal untuk mendaftar ke Kominfo juga menimbulkan beberapa kecurigaan dari beberapa pihak, salah satunya adalah keengganan PSE asing ini membayar pajak ke yurisdiksi Indonesia. Namun, Semuel menegaskan pendaftaran PSE dilakukan bukan hanya untuk kepentingan pajak; tetapi juga menciptakan ruang digital yang kondusif, aman, dan nyaman bagi masyarakat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *