in ,

Kemenparekraf-Pemprov Jatim Realisasi KEK Pariwisata

Selain itu, populasi Malang Raya yang besar dan mempunyai keunggulan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di atas rata-rata Provinsi Jawa Timur akan menjadi modal pengembangan sumber daya manusia potensial, khususnya pengembangan ekosistem digital dan ekonomi kreatif. KEK Singhasari memiliki tema pariwisata natural, heritage, and historical tourism.

Kawasan sekitar KEK mempunyai nilai situs sejarah kerajaan di Indonesia. Selain itu, kawasan ini akan menjadi pusat wisatawan di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Atas dasar itulah, KEK Singhasari akan menjadi paduan yang apik antara pengembangan pariwisata dengan ekonomi digital.

KEK Singhasari diproyeksikan menarik investasi sebesar Rp 11,92 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 6.863 pekerja hingga tahun 2030. Berbagai fasilitas kemudahan dan insentif disiapkan untuk menggaet investor sebagai upaya mendongkrak ekonomi Jawa Timur.

Baca Juga  Cara Membuat Sertifikat Tanah di BPN

Selain membahas KEK Singhasari, Sandi juga menjelaskan soal eksekusi dana hibah pariwisata. Sandi mengemukakan perlunya dilakukan koordinasi dengan kepala daerah agar dana hibah tersebut tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

“Sektor pariwisata, menjadi sektor yang paling terdampak akibat pandemi, untuk itu kami berharap dana hibah ini akan menggairahkan kembali serta memperkuat struktur sektor parekraf di Jawa Timur,” katanya.

Kemenparekraf pada tahun lalu telah menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp 2,2 triliun kepada 6.730 hotel dan 7.630 restoran. “Tahun lalu hibah pariwisata terserap hingga 70 persen, tahun ini diusulkan diperluas dan diperbesar jumlahnya menjadi Rp 3,7 triliun,” pungkasnya.

Baca Juga  Pemerintah Pantau Penurunan Nilai Ekspor Nasional

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *