in ,

SMK-SMTI Yogyakarta Rakit 5.000 Unit GeNose

SMK-SMTI Yogyakarta Rakit 5.000 Unit GeNose
FOTO : IST

Pajak.com, Yogyakarta – Sejak mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan pada 24 Desember 2020, GeNose Covid-19 atau Genose C19 terus digunakan untuk pendeteksi Covid-19 di berbagai tempat seperti stasiun kereta api, hotel, dan bandara. Saat ini, unit pendidikan vokasi di bawah naungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) turut berperan aktif dalam perakitan GeNoSe C19.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, dipilihnya SMK-SMTI Yogyakarta menjadi tempat perakitan oleh konsorsium pengembang GeNoSe C19 dari Yogyakarta, karena mempunyai kualitas di atas standar. Melalui kerja sama tersebut, lanjut Agus, SMK-SMTI Yogyakarta menyediakan tempat produksi atau perakitan GeNoSe C19; sekaligus memberdayakan dan memberikan kesempatan kepada siswa-siswi jurusan Kimia Industri untuk menjadi tenaga operator.

Baca Juga  Menves Bahlil Ajak Anak Muda Jadi Pengusaha

“SMK-SMTI Yogyakarta pada tahap awal produksi sudah mampu memenuhi target perakitan 3.000 unit GeNoSe C19. Sedangkan, produksi yang saat ini running untuk memenuhi target 2.000 unit. Jadi total 5.000 unit GeNoSe C19 yang dirakit di sini,” ujar Agus saat kunjungan kerjanya ke Yogyakarta, Jawa Tengah, dikutip Pajak.com, Jumat (21/5).

Agus menyampaikan, nantinya GeNoSe C19 tidak hanya digunakan pada bidang transportasi saja, tetapi juga di dunia pendidikan. Harapannya, dengan biaya tes yang lebih murah, murid dan guru bisa rutin melakukan pemeriksaan untuk mencegah penularan virus korona terjadi di sekolah.

Di sisi lain, upaya ini juga dapat mendorong produksi dan menciptakan pasar yang luas untuk berbagai macam produk yang dibuat anak bangsa. Ia pun menambahkan, SMK-SMTI Yogyakarta menjadi satu-satunya sekolah vokasi di tanah air yang dipercaya sebagai SIEMENS Certification Center di Indonesia. Sekolah tersebut juga diusulkan menjadi model untuk pembentukan German Indonesia Vocational Institute (GIVI).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0