in ,

Jokowi: Segera Susun Paket Stimulus untuk Industri Film

Untuk menangani pembajakan, Jokowi akan segera membuat satuan kerja yang merupakan gabungan antara Kepolisian Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara untuk vaksinasi, pemerintah tengah melakukan pendataan hingga 14 Maret 2021 berkoordinasi dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI), sehingga vaksinasi bisa dimulai mulai awal April 2021.

Produser Film Indonesia Shanty Harmayn mengatakan, pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun ini menyebabkan para pelaku industri film dari hulu sampai hilir kesusahan. Shanty menyebut, di tahun 2019 terdapat 129 judul film nasional yang dirilis di bioskop, dengan total penonton film nasional sebesar 52 juta orang atau sekitar 400 ribu penonton per judul film.

Baca Juga  Jokowi: Saham Freeport Naik 61 Persen, 80 Persen Pendapatannya Masuk ke Negara

Sementara data per akhir Februari 2021 atau selama pandemi, hanya terdapat 9 judul film nasional yang dirilis di bioskop ditonton hanya sekitar 400 ribu orang. Shanty bilang, kerugian di industri perfilman tak tanggung-tanggung. “Negara kehilangan penerimaan pajak dari penonton bioskop mencapai Rp 1,5 triliun, sementara pendapatan tidak langsung bioskop senilai Rp 1,2 triliun,” kata Shanty pada keterangan resmi yang dikutip Pajak.com, Kamis (11/3).

Ini sangat disayangkan, karena industri perfilman menopang perekonomian Indonesia secara signifikan dengan menyerap lebih dari 50 ribu tenaga kerja di subsektor film, animasi, video di tahun 2019; dan lebih dari 2.500 jumlah usaha. Shanty menilai, adanya platform distribusi secara streaming pun belum dapat menopang industri dan nilai pembelian film yang belum dapat menutup biaya produksi, terutama untuk film dengan bujet besar. “Secara potensi, industri film Indonesia dengan keberagaman budaya dan jumlah penduduk Indonesia sebagai pasar utama sangatlah besar dan karenanya sangat layak untuk diselamatkan,” tegasnya.

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *