in ,

Jokowi Minta Apkasi Manfaatkan Potensi Ekspor

Jokowi Minta Apkasi Manfaatkan Potensi Ekspor
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) memanfaatkan potensi pasar ekspor yang dinilainya masih terbuka lebar, seiring dengan mulai pulihnya perekonomian di negara mitra dagang Indonesia.

Ia juga menekankan agar kepala daerah (Apkasi) dapat saling bekerja sama, memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah, sekaligus memperkuat ekspor ke negara-negara lain termasuk manfaatkan potensi perluasan pasar-pasar ekspor baru.

“Tiongkok mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7,9 persen, Amerika Serikat 12,2 persen, Jepang 7,6 persen, dan India bahkan tumbuh 20,1 persen. Peluang ini yang harus kita manfaatkan untuk mendorong komoditas kita, produk-produk kita masuk ke negara-negara yang tadi saya sebut,” katanya saat pidato peresmian Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10).

Baca Juga  Bank Jago Luncurkan Aplikasi Perbankan Syariah

Jokowi menyebut, pertumbuhan ekspor Indonesia sudah sangat baik, dan masih bisa terus ditingkatkan mengingat peluang ekspor komoditas unggulan dari berbagai daerah masih terbuka lebar. Untuk itu, ia berpesan agar kepala daerah tidak mempersulit pelaku usaha dalam proses pengurusan izin ekspor.

“Hampir semua negara sekarang ini membutuhkan komoditas-komoditas kita sehingga jangan sampai ada daerah yang justru menghambat, membuat ruwet perizinan, tidak mendorong agar ekspor kita bisa berkembang dengan baik,” ujarnya.

Ia juga menekankan agar jajaran pemerintah di daerah menciptakan iklim usaha yang dapat mendukung peningkatan ekspor produk Indonesia.

“Kita harus terus meningkatkan volume ekspor kita, memberikan fasilitas atau memfasilitasi para pelaku usaha untuk agresif memanfaatkan peluang-peluang ekspor yang ada. Mulai didorong, produk apa pun didorong untuk berani berkompetisi memanfaatkan peluang ekspor yang ada, sehingga membuat produk kita dikenal dan kompetitif di pasar global,” tegasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *