in ,

Jokowi Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara

Jokowi Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara
FOTO: IST

Jokowi Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) luncurkan platform digital Jagat Nusantara, yaitu platform digital berbasis interaksi sosial di dunia virtual, di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, (28/10). Jokowi menjelaskan, Jagat Nusantara akan menjadi peluang untuk berbagi ilmu dan bertemu dengan orang-orang hebat dari seluruh penjuru dunia lewat dunia virtual. Selain itu, Jagat Nusantara juga dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memperkenalkan produk-produk kebanggaan Indonesia secara global.

“Para generasi muda harus bersatu untuk membangun masa depan bangsa, baik secara ekonomi riil maupun ekonomi digital. Nah, ini salah satunya. Ayo ikut saya, masa depan kita mulai dari sini. Selamat datang di Ibu Kota Nusantara. Ayo, generasi muda mari kita membangun Ibu Kota Nusantara bersama-sama melalui inovasi dan kreativitas. Di sini kita akan berkumpul, berkreasi, bersosialisasi dengan saudara-saudara kita. Para seniman tanah air juga dapat berkreasi dan menikmati hasilnya, seperti konser musik. Kita juga bisa berolah raga, akan menjadi pengalaman bersama yang seru,” jelas Jokowi seraya menunjukkan Ibu Kota Nusantara secara virtual.

Baca Juga  Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Digital di ASEAN Diproyeksi 2 Triliun Dollar AS

Pada kesempatan yang sama, Founding Chairman PT Avatara Jagat Nusantara Wishnutama Kusubandio menuturkan, dalam kehidupan saat ini yang didominasi oleh teknologi dan digitalisasi, anak muda harus siap berkompetisi dan menangkap peluang dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, melalui Jagat Nusantara, semua berupaya untuk mewujudkan kompetisi melalui kreativitas dan inovasi.

“Jagat Nusantara adalah sebuah platform social immersive berbasis website dan mobile yang menghubungkan pengguna dengan dunia virtual. Kita bisa bilang ini the next generation of social media, hasil kerja keras dan kolaborasi anak-anak muda kita,” ujar Wishnutama.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode tahun 2020 ini meyakini, Jagat Nusantara adalah platform media sosial masa depan, platform e-commerce masa depan, serta platform olahraga dan hiburan masa depan. Jagat Nusantara juga diharapkan dapat menjadi jembatan antara ekonomi digital dan ekonomi riil.

Baca Juga  Mempelajari Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs

“Kami juga sedang mempersiapkan platform ini untuk menjadi the next real estate platform untuk Ibu Kota Nusantara melalui tokonisasi lahan. Bayangkan, jika kita dapat memiliki lahan virtual yang juga mewakili kepemilikan lahan yang sesungguhnya nanti di Ibu Kota Nusantara,” kata Wishnutama.

Sebelumnya, PT Avatara Jagat Nusantara telah menghadirkan dunia virtual Jagatio yang dapat diakses publik melalui Play Jagatio di website dan aplikasi mobile. Jagatio merupakan platform dunia virtual pertama di Indonesia yang terhubung dengan kota nyata, yakni Ibu Kota Nusantara. Dalam aplikasinya, pengguna dapat memanfaatkan Jagatio untuk mengadakan rapat, pertemuan, nobar film, konser virtual, pertunjukan dan showcase karya digital, serta interaksi lainnya secara imersit, baik melalui telepon genggam maupun website.

Senada dengan itu Jagat Nusantara juga akan dikembangkan secara bertahap dengan mengumpulkan pelbagai masukan dan menganalisis perilaku in-app dari pengguna untuk membuat lebih banyak inovasi, sehingga Jagat Nusantara akan menjelma sebagai platform yang inklusif dan dapat memenuhi kebutuhan ekspresi masyarakat Indonesia.

Baca Juga  8 Poin Penting dalam Proses Pengajuan Izin Usaha

Acara peluncuran Jagat Nusantara juga turut dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, dan Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *