in ,

ITSEC Asia Beri 7 Tips Agar Terhindar Serangan Siber

4. Selalu konfirmasi kepada pihak resmi

Banyak orang yang masih mudah tertipu akan penawaran atau beragam modus, baik dari SMS, e-mail, atau percakapan langsung melalui telepon. Anda harus lebih kritis dalam menilai informasi yang didapat. Pastikan sumbernya dari lembaga/pihak yang resmi. Jangan mudah menjawab atau memberikan informasi kepada pihak yang tidak dikenal/bukan dari lembaga resmi.

5. “Triple check”

Cek kembali siapa rekan transaksi Anda sebelum membeli atau mentransfer sesuatu. Contoh, banyak kasus si penipu mengaku kerabat/teman baik dan meminta sejumlah uang untuk ditransfer. Jika Anda mengalami hal ini, cek kembali ke orang-orang di sekitarnya. Begitu halnya dengan transaksi di e-commerce, usahakan membeli dari e-commerce yang terpercaya—cek review sebelum membeli barang.

Baca Juga  Kemenves/BKPM Terbitkan 8 Juta Nomor Induk Berusaha

6. Selalu ganti “password”/PIN secara berkala

Untuk mencegah kode akses mudah diketahui oleh orang lain, usahakan mengganti kode akses kita dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu bulan sekali. Buat kode akses yang terdiri dari kombinasi huruf kapital, angka, dan simbol agar kode akses kita tidak mudah ditebak.

7. Jika menggunakan kartu kredit, gunakan limit yang rendah

Kartu kredit merupakan salah satu layanan perbankan yang rawan untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Kartu kredit dengan limit rendah akan meminimalisasi kerugian besar.

Ditulis oleh

Baca Juga  Sri Mulyani dan Presiden ADB Bahas Kerja Sama Pemensiunan Dini Pembangkit Listrik Batu Bara

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *