in ,

ITSEC Asia Beri 7 Tips Agar Terhindar Serangan Siber

Berikut 7 tips ITSEC untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi digital, dan terhindar serangan siber:

1. Jaga kerahasiaan data

Data-data rahasia yang tidak boleh dibagikan seperti pin/password, kode OTP (one time password), authentication code. Data ini merupakan pintu masuk ke dalam informasi rahasia yang kita miliki. Oleh sebab itu, jangan mengetik password atau kode rahasia di muka umum. Pastikan tidak ada orang lain yang mengamati.

2. Aktifkan two factor authentication dan notifikasi transaksi

Opsi two factor authentication akan memberi pengamanan ganda terhadap transaksi digital melalui pengiriman kode verifikasi atau kode OTP ke nomor telepon sebelum transaksi terjadi. Selain itu, aktifkan juga notifikasi transaksi dan segera telepon pihak bank jika ada hal yang tidak biasa.

Baca Juga  Jelajah Hemat Jakarta: Libur Lebaran nan Ramah di Kantong

3. Gunakan alamat “email” khusus dan hati-hati membuka pesan masuk

Akan lebih baik dan aman jika kita memiliki email yang dikhususkan untuk keperluan-keperluan tertentu. Sebagai contoh, jika untuk kebutuhan transaksi e-commerce, sebaiknya email yang digunakan berbeda dengan email data pribadi bank dan kantor, sehingga lebih mudah mengidentifikasi jika ada email yang mencurigakan.

Anda juga jangan sembarangan membuka tautan yang mencurigakan dalam pesan email. Hal ini untuk menghindari serangan phising yang meretas informasi, seperti data login.

Ditulis oleh

Baca Juga  Pemerintah Cabut Aturan Pembatasan Barang Bawaan Pekerja Migran

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *