in ,

Ini Manfaat Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM

Ia memastikan, proses pengurusan NIB sudah dipermudah melalui OSS RBA. Pelaku UMKM hanya perlu mengunjungi situs oss.go.id menggunakan smartphone, tablet, laptop, atau komputer. Dalam mengurus NIB yang perlu disiapkan hanya NIK. Pengurusan NIB juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Pemerintah memang tengah gencar mendorong UMKM untuk mempunyai NIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis, OSS RBA akan membuat iklim kemudahan berusaha di Indonesia semakin kondusif. Perhatian pemerintah pada UMKM tidak lepas dari kontribusi sektor ini pada perekonomian nasional.

“OSS RBA merupakan layanan perizinan secara daring yang terpadu dengan paradigma perizinan berbasis risiko. Jenis perizinan dalam aplikasi ini akan disesuaikan dengan tingkat risikonya. Risiko tinggi perizinan berusaha, yaitu berupa izin, risiko menengah perizinan berusaha berupa sertifikat standar, dan risiko rendah (UMKM) perizinan berusaha cukup berupa pendaftaran atau NIB dari OSS RBA,” kata Jokowi.

Baca Juga  Menteri PUPR: Presiden Jokowi Akan Berkantor di IKN 17 Agustus 2024

Dengan demikian, ia berharap dengan kemudahan dalam OSS RBA membuat UMKM terdorong untuk membuat NIB.

“Saya kira usaha mikro, usaha kecil, sekarang kalau ingin cari NIB itu enggak usah lama-lama, berhari-hari, atau berminggu-minggu, dan bisa dilakukan dari rumah, kantor, membutuhkan waktu mungkin hanya 5-7 menit,” kata Jokowi.

Bagi usaha besar, kehadiran OSS RBA juga menyederhanakan segara bentuk perizinan, seperti surat izin usaha perusahaan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP), dan surat keterangan usaha (SKU). Ketiganya telah dihapuskan sejak diterbitkannya Undang-Undang Cipta Kerja Tahun 2020.

Ditulis oleh

Baca Juga  Isi PP 14/2024 tentang THR dan Gaji ke-13 PNS-Pensiunan

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *