in ,

Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

Ruas Tol Baru Gratis
FOTO: Dok. Kementerian PUPR

Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

Pajak.comJakarta – Menyambut musim mudik Lebaran 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan operasional gratis tujuh ruas tol baru. Keputusan ini diambil untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan signifikan.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Tulus Abadi mengumumkan bahwa pengoperasian tujuh ruas tol fungsional baru akan dilakukan tanpa pungutan biaya.

“Ruas fungsional itu masih gratis, sebelum dilakukan berbayar, silakan dimanfaatkan, mulai dibuka sejak pukul 06.00–17.00 WIB,” kata Tulus saat konferensi pers di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, dikutip Pajak.com, Jumat (29/03).

Keterbatasan pengoperasian ruas fungsional ini dikarenakan belum rampungnya fasilitas yang ada di dalam jalan tol tersebut, termasuk penerangan yang kurang memadai dan penyediaan tempat peristirahatan. Beberapa ruas tol fungsional juga baru beroperasi atas diskresi kepolisian setelah melihat ruas tol eksisting mengalami kepadatan, seperti yang akan diterapkan pada ruas Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan selama periode Lebaran.

Baca Juga  Sri Mulyani Pastikan Hadir di Sidang Sengketa Pilpres

Tulus menyebut, pemerintah menjamin bahwa aspek keamanan dan keselamatan di ruas-ruas tol tersebut telah terpenuhi. Meski dibuka secara fungsional, pemerintah memastikan bahwa ruas tol ini sudah siap dilewati dan dapat menjadi alternatif bagi pemudik untuk menghindari kepadatan di jalan raya lainnya.

Pemerintah memproyeksikan setidaknya ada 193,6 juta orang potensi pergerakan manusia pada momen libur Lebaran 2024. Untuk daerah tujuan terbanyak adalah Jawa Tengah mencapai 61,6 juta orang atau 31,8 persen, diikuti oleh Jawa Timur sebanyak 37,6 juta orang atau 19,4 persen, dan Jawa Barat sejumlah 32,1 juta orang atau 16,6 persen.

Dari jumlah pergerakan tersebut, diperkirakan sebanyak 72,93 juta orang akan melakukan perjalanan menggunakan tol, yang terdiri dari kendaraan pribadi dan angkutan bus yang menjadi pilihan transportasi masyarakat berdasarkan survei yang dilakukan.

Baca Juga  THR Tak Dibayarkan Perusahaan, Begini Cara Melaporkannya ke Kemenaker

Daftar ruas tol yang akan beroperasi gratis adalah sebagai berikut:

1. Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Cibitung (19,65 km)

2. Jalan Tol Japek II Selatan Seksi Kutanegara-Sadang (8,5 km)

3. Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Seksi Colomadu-Klaten (22,3 km)

4. Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar Seksi Bangkinang-Koto Kampar (24,7 km)

5. Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura (9,47 km) dan Seksi 3-4 Tebing Tinggi-Sinaksak (47,15 km)

6. Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran (32,15 km)

7. Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung Seksi 3 IC Musi Landas-Desa Sukamulya (21,2 km)

Ditulis oleh

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *