in ,

Indonesia Punya Cadangan Metan Hidrat untuk 800 Tahun

Indonesia Punya Cadangan Metan Hidrat untuk 800 Tahun
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Indonesia memiliki ‘harta karun’ di sektor minyak dan gas (migas) nonkonvensional yang belum tersentuh, yakni metan hidrat. Namun, sumber daya yang diperkirakan bisa digunakan selama 800 tahun belum tersentuh.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, Indonesia memiliki potensi cadangan metan hidrat yang volumenya diperkirakan mencapai lebih dari 850 kaki kubik (Trilliun Cubic Feet/TCf). Ia berharap, potensi sumber daya tersebut bisa dikembangkan dan menjadi sumber alternatif baru untuk mendukung ketahanan energi nasional di masa mendatang.

Menurut Arifin, jumlah tersebut setara dengan delapan kali lipat cadangan gas alam saat yang ada saat ini sehingga bisa mendukung ketahanan energi nasional. Apalagi arah kebijakan nasional saat ini di antaranya melakukan transisi energi, dari energi fosil menjadi Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang lebih bersih, minim emisi, dan ramah lingkungan.

Baca Juga  PLN Grup Luncurkan Layanan Internet Terjangkau

Guru Besar Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB Doddy Abdassah mengatakan, metan hidrat adalah gas hidrat berbentuk kristal es dengan molekul air membentuk struktur seperti kurungan atau clathrate, sehingga memiliki rongga yang dapat terisi oleh molekul gas. Molekul-molekul air itulah yang menjebak molekul hidrokarbon, bisa berupa metana, C2, C3 ada juga CO2.

“Gas hidrat ini sering disebut dengan fire ice karena bentuknya seperti es, tetapi bisa terbakar,” kata Doddy dikutip dari rekaman webinar “Legal and Policy Framework For the Development of Offshore Methane Hydrate as the Indonesia’s Future Transitional Clean Energi”, Rabu (9/6/2021).

Doddy membandingkan, deposit gas alam mencapai 13.000 triliun kaki kubik (TFC). Sementara deposit gas hidrat di darat saja mencapai 5.000 – 12.000.000 TCF dan di bawah laut 30.000 – 49.000.000 TCF. Menurutnya, gas hidrat adalah sumber daya hidrokarbon nonkonvensional terbesar di bumi dan diperkirakan 50 persen deposit hidrokarbon tersimpan dalam bentuk gas hidrat.