in ,

Indonesia Genjot Hilirisasi Nikel untuk Baterai Listrik

Menurut Luhut, pemerintah saat ini tengah fokus pada lima hal untuk bisa menarik investasi. Terdiri dari hilirisasi sumber daya alam (SDA), pengembangan baterai litium, sektor kesehatan, infrastruktur konektivitas maritim, dan penurunan emisi karbon. Selain nikel, pemerintah juga berupaya dalam menarik investasi hilirisasi bauksit.

Luhut menyebut bahwa sudah ada tujuh kawasan industri yang mengembangkan produk turunan nikel dan bauksit. Ketujuh kawasan industri itu di antaranya, kawasan Galang Batang dengan nilai total investasi sebesar 2,5 miliar dollar AS dengan target operasi di 2021. Kawasan industri Morowali Utara dengan nilai total investasi 4.19 miliar dollar AS dan target operasi pada kuartal IV-2021. Selain itu, ada kawasan industri Tanah Kuning dengan total nilai investasi yang akan dikucurkan secara bertahap sebesar 60 miliar dollar AS dan target beroperasi di 2022.

Baca Juga  Tunjukkan Kompetensimu, Berikut “Tips” Tingkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

Luhut juga menyebutkan, nilai investasi di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) dan Indonesia Weda Bay Industrial Park yang masing-masing sebesar 10 miliar dollar AS. Menurutnya, dengan membangun berbagai kawasan industri yang terintegrasi maka diyakini akan memangkas ongkos produksi menjadi semakin murah, sehingga otomatis harga jual nikel olahan Indonesia jadi bersaing.

Sebagai informasi, sejak tahun lalu pemerintah telah menerapkan kebijakan larangan ekspor bijih nikel. Akibat kebijakan itu, setiap perusahaan tambang membangun smelter untuk mengolah bijih nikel. Pengoperasian smelter tersebut meningkatkan konsumsi listrik sehingga menjadi potensi pasar bagi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Di Sulawesi, misalnya, sebelum pengoperasian smelter, normalnya beban listrik di Sulawesi rata-rata hanya 2.000 Megawatt (MW). Namun, dengan adanya larangan ekspor bijih nikel, beban puncaknya bisa naik tiga kali lipat dari normal menjadi sekitar 6.100 MW.

Baca Juga  Pemerintah Pantau Penurunan Nilai Ekspor Nasional

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *