in ,

Formula E Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia

Formula E
FOTO: Sekretariat Kabinet

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan secara langsung gelaran balapan mobil listrik Formula E bertajuk ‘Jakarta E-Prix 2022’, di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara, (4/6). Jokowi memandang, ajang Formula E akan berdampak sangat baik, terutama dalam mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, mulai dari nikel sebagai bahan mentahnya, smelter, industri litium baterai, hingga mobil listrik.

Sebagai informasi, Jakarta E-Prix 2022 menandai terwujudnya kesuksesan Indonesia yang dipercaya oleh Federasi Otomotif Internasional atau Federation Internationale de l’Automobile (FIA) untuk menjadi tuan rumah balap mobil listrik yang berlangsung sejak 2014 itu. Adapun Formula E yang bernama resmi ABB FIA Formula E World Championship, adalah sebuah kejuaraan olahraga otomotif mobil kursi tunggal yang menggunakan mobil listrik. Rencananya, DKI Jakarta akan menggelar seri Formula E pada 2019-2020. Namun, terpaksa harus dibatalkan karena situasi pandemi COVID-19 di tanah air, sehingga ajang balapan itu digelar di Jerman.

Baca Juga  Indonesia dan UEA Catat Sejarah Melalui IUAE-CEPA

Jokowi bersyukur, gelaran Formula E di Indonesia berjalan lancar dan menilainya sebagai ajang dan tontonan masa depan.

“Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan lancar dan baik. Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke banyak nanti pemakai mobil listrik, sehingga ini menjadi sebuah tontonan yang ke depan menurut saya akan makin digemari. Saya kira juga teknologi yang dipertontonkan di Formula E ini akan juga mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan,” ungkap Jokowi kepada awak media, disiarkan secara virtual, yang dikutip Pajak.com (6/6).

Ia menegaskan, pemerintah akan mendukung semua bentuk dan upaya yang baik bagi Indonesia, termasuk perhelatan Formula E yang di Jakarta. Bahkan, Jokowi mendukung Formula E untuk dapat digelar dalam dua seri seperti di sejumlah negara lain.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings